PDIP Tak Kunjung Elus Calon di Pilgub Jatim: Kalau Mau Nantang Khofifah Enggak Boleh Ngawur!

| -
PDIP Tak Kunjung Elus Calon di Pilgub Jatim: Kalau Mau Nantang Khofifah Enggak Boleh Ngawur!
TUNGGU AKHIR JULI: Sri Untari, PDIP akan munculkan jagoannya di Pilgub Jatim 2024 akhir Juli. | Foto: Pokja Grahadi

SURABAYA | Barometer Jatim – Tinggal 45 hari lagi pendaftaran bakal Cagub-Cawagub Jatim dari jalur Parpol. Namun hingga kini belum ada calon penantang Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Berstatus petahana, Khofifah-Emil sudah mendapat dukungan dari 6 kursi Parpol pemilik kursi di DPRD Jatim hasil Pileg 2024, yakni Gerindra (21 kursi), Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), dan PSI (1 kursi).

Dengan demikian, masih ada 4 Parpol lagi yang tak kunjung menentukan calon, bakal bergabung dengan Parpol koalisi Khofifah-Emil atau mengusung pasangan calon sendiri. Yakni PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), Nasdem (10 kursi), dan PKS (5 kursi).

PDIP, misalnya. Masih mematangkan jagoannya yang akan diusung hingga akhir Juli. Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari Bisowarno menyampaikan, saat ini partainya masih melakukan survei internal.

“Masih dalam telaah. Kami juga lagi survei. Saat surveinya itu selesai akhir Juli,” katanya usai diskusi 'Mencari Penantang Khofifah-Emil' yang digelar Pokja Wartawan Grahadi di Hotel Kampi Surabaya, Rabu (10/7/2024).

Bicara dengan PKB

Bagaimana dengan koalisi mengingat PDIP tak bisa mengusung pasangan calon sendiri?

Sri Untari mengatakan, partainya sudah melakukan komunikasi politik dengan PKB untuk penjajakan kolisi. Ketua PDIP Jatim, Said Abdullah disebutnya sudah berbicara dengan Ketua DPW PKB Jatim, Halim Iskandar maupun Ketua Umum DPP PKB Jatim, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Tetapi belum pada sampai yang serius, duduk bareng, yang sampai memutuskan calon siapa yang diusung,” ucap politikus yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu.

Berarti Khofifah tidak akan melawan kotak kosong? Sri Untari tak berani memastikan, karena akhir Juli survei internal partainya baru selesai.

“Maka kami akan lihat. Potensi kalau kita nantang itu, misalkan ya, sampai seberapa sih, kan kita enggak boleh ngawur. Enggak boleh cuma karena kata ini kata itu, ini enggak boleh begitu,” ujarnya.

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Pendukung Khofifah-Emil : Gerindra (21 kursi), Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), PSI (1 kursi)
    Belum Tentukan Dukungan : PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), Nasdem (10 kursi), PKS (5 kursi)

Maka, tandasnya, harus diukur secara rasional dan ukurannya adalah survei serta masukan dari orang-orang yang memiliki simpul-simpul di Jatim.

Selain Sri Untari, diskusi menghadirkan narasumber Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, MH Rofiq; Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Pranaya Yudha Mahardika; dan Pengamat Politik Unair, Fahrul Muzaqqi.

Hadir pula anggota Fraksi PAN DPRD Jatim, Agung Supriyanto; Wakil Sekretaris DPW PKS Jatim, Frimainto Utomo; serta puluhan mahasiswa dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.