Hadiri Puncak HPN 2023 di Medan, Eri Cahyadi: Terus Didik Publik dengan Berita Objektif

| -
Hadiri Puncak HPN 2023 di Medan, Eri Cahyadi: Terus Didik Publik dengan Berita Objektif
HPN 2023: Eri Cahyadi terima Anugerah Kebudayaan PWI 2023 di Hari Pers Nasional. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometer Jatim – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (8/2/2023). Acara tersebut juga dihadiri Presiden Joko Widodo beserta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Selamat Hari Pers Nasional. Terus jaya, terus mendidik publik dengan berita dan informasi yang objektif dan antihoaks," kata Eri dalam keterangannya. 

Eri hadir di HPN 2023 sebagai salah satu tamu undangan untuk menerima Trofi Abyakta (Maju, Berkembang), Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat 2023.

Usai menerima penghargaan, Eri menuturkan Pemkot Surabaya tentu tidak sempurna dalam menjalankan berbagai programnya. Karenanya, dibutuhkan peran media dalam menyampaikan kritik objektif dan kontrol sosial.

"Alhamdulillah, mewakili Surabaya, kami menerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023. Surabaya menerima Trofi Abyakta,  karena dinilai mampu mendorong inovasi berbasis kearifan lokal gotong-royong, salah satunya adalah program Dandan Omah," paparnya.

Dia menjelaskan, selama 2022, program Dandan Omah telah memperbaiki 1.465 unit rumah, 900 rumah di antaranya didanai menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sedangkan lainnya berbasis gotong royong berbagai elemen. Sementara pada 2023 ditargetkan 3.500 rumah diperbaiki.

"Berskema padat karya, program ini memberdayakan sedikitnya 3.200 pekerja sepanjang 2022. Para pekerja diambil dari warga sekitar rumah yang akan diperbaiki," jelasnya.

Bahkan, Eri menyebut, untuk memeratakan ekonomi, belanja bahan bangunan tidak boleh di toko-toko besar. Melainkan harus di toko bangunan kecil sekitar rumah.

"Inilah wujud ekonomi gotong royong yang digerakkan di kampung-kampung, kebersamaan khas arek-arek Suroboyo," tuturnya.{*}

» Baca berita Pemkot Surabaya. Baca tulisan terukur Andriansyah.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.