Cak Fauzi Berkibar di Bursa Pilgub Jatim: Saya Tetap di Sumenep, Kalau Ditugasi Partai Lain Cerita!

| -
Cak Fauzi Berkibar di Bursa Pilgub Jatim: Saya Tetap di Sumenep, Kalau Ditugasi Partai Lain Cerita!
TETAP DI SUMENEP: Achmad Fauzi, tetap di Sumenep kecuali ditugasi partai maju Pilgub Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Bupati Sumenep. Achmad Fauzi Wongsojudo berkibar di bursa Pilgub Jatim 2024, bahkan paling moncer dari tiga kader Partai Banteng yang diusulkan PDIP Jatim ke DPP. Dua lainnya yakni Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana.

Melihat kembali hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang digelar 1-10 Mei 2024, Cak Fauzi -- sapaan akrabnya -- menjadi satu-satunya kader PDIP yang masuk bursa Cagub Jatim dengan elektabilitas 11,2%. Di bawah incumbent Khofifah Indar Parawansa 42,1% dan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad 13,8%.

Sedangkan di trek Cawagub, elektabilitas Fauzi bahkan unggul jauh dari dua koleganya di PDIP. Fauzi meraup elektabilitas 31,3% atau posisi kedua setelah Ketua DPD Partai Demokrat Jatim, Emil Elestianto Dardak 35,7%. Bandingkan dengan elektabilitas Nur Arifin yang 3,9% dan Hanindhito 0,7%.

Akankah Cak Fauzi meninggalkan Sumenep untuk bertarung di Pilgub Jatim 2024? Berikut wawancara Barometer Jatim dengan bupati yang juga Ketua DPC PDIP Sumenep tersebut, Selasa (21/5/2024).

Bagaimana Cak Fauzi menanggapi hasil survei ARCI?
Kalau menanggapi hasil survei, yang pertama, sebagai pribadi tentu bersyukur ya, masyarakat Jatim ternyata masih menilai saya baik untuk bisa di Jatim karena memang saya di Jatim sebenarnya, he.. he..

BERHASIL DI SUMENEP: Eri Cahyadi, dinilai berhasil pimpin Kabupaten Sumenep. | Foto: Foto: Barometerjatim.com/DOK

Tapi pada intinya adalah, kita menanggapi hasil survei itu bukan berarti mau maju Jatim, tidak. Karena kalau di PDIP itu semuanya tergantung dari keputusan partai, itu saja.

Jadi berhasrat maju Pilgub Jatim atau tetap di Sumenep?
Ya saya pasti di Sumenep

Sampai hari ini?
Sampai hari ini!

Kecuali kalau ditugaskan partai?
Itu lain cerita ya. Saya yakin partai itu akan mengutus kader-kader terbaiknya. Mungkin yang disurvei belum kader-kader yang lain. Kalau kader-kader yang lain disurvei, mungkin lebih baik dari saya.

Tapi dari tiga nama kader yang disodorkan PDIP Jatim ke DPP, Cak Fauzi yang paling bagus hasil surveinya..
Itu saya juga belum bisa bicara ya, karena saya memang baru mendapatkan informasi dari media. Tapi intinya adalah saat ini saya masih konsen tetap di Sumenep.

Ngomong-ngomong.. sudah ada komunikasi dengan PDIP terkait dengan Pilgub Jatim?
Terbuka aja ya, jujur ya. Jadi yang pertama, selama ini saya belum pernah berkomunikasi terkait dengan Pilgub Jatim. Belum pernah.

Kalau misalnya tiba-tiba ada, ya itu mungkin ada beberapa pertimbangan. Tapi kan bukan saya sendiri. Ada pertimbangan partai, saya juga tidak paham. Tetapi yang pasti pada saat partai memberikan sebuah pertimbangan, saya sebagai kepala daerah yang jauh di ujung timur Madura ya pasti bersyukur.

Berarti sampai saat ini belum ada pembicaraan yang intens dengan PDIP terkait Pilgub Jatim?
Sampai saat ini belum ada pemanggilan-pemanggilan.

Tapi nama Cak Fauzi ramai di hasil survei lho..
Ya saya juga tidak bisa menjawab, yang paling bisa menjawab adalah pelaku surveinya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.