Gelar Mudik Gratis Jakarta-Sumenep, 'Bupati Kampung' Ini Siapkan 5 Bus!

| -
Gelar Mudik Gratis Jakarta-Sumenep, 'Bupati Kampung' Ini Siapkan 5 Bus!
MUDIK GRATIS: Bupati Fauzi, siapkan mudik gratis Jakarta-Sumenep. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SUMENEP, Barometer Jatim – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi kembali menyiapkan layanan mudik gratis untuk warganya yang merantau agar bisa berlebaran di kampung halaman. Tahun ini ada penambahan rute, yakni Jakarta-Sumenep.

Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Sumenep, Moh Jakfar menuturkan, mudik gratis mulai dilaksanakan H-10 lebaran. Program ini diadakan setiap tahun untuk mempermudah masyarakat kepulauan.

“Rute Surabaya ke Sumenep sudah lama memang kita sediakan. Tahun ini yang baru itu dari Jakarta ke Sumenep. Kami menyediakan rute ini, karena warga Sumenep yang bekerja di Jakarta cukup banyak. Jadi mereka bisa mudik dengan bus gratis ke Sumenep,” terang Jakfar, Kamis (30/3/2023).

Pemilihan rute Jakarta-Sumenep tak lepas dari banyaknya masyarakat Sumenep dan Madura yang bekerja atau merantau di ibu kota. Karenanya, Fauzi Ingin memfasilitasi mereka yang berada di Jakarta untuk bisa kembali ke kampung halaman secara cuma-cuma.

Dalam program mudik gratis ini, Pemkab Sumenep menyediakan sedikitnya 10 armada bus untuk angkutan mudik gratis ke Sumenep. Rinciannya 5 armada untuk rute Surabaya-Sumenep dan 5 bus untuk rute Jakarta-Sumenep.

“Nanti pendaftarannya bisa dilakukan secara online melalui link yang disediakan. Tentu saja dengan melengkapi beberapa persyaratan,” katanya.

Jakfar menambahkan, untuk masyarakat pulau seperti penduduk Pulau Raas, Masalembu, Sapeken dan Kangean ada layanan yang sama. Bagi warga Pulau Raas yang ada di Situbondo, bisa mengikuti layanan mudik gratis dengan pemberangkatan melalui jalur laut.

“Kalau yang berangkat dari Pelabuhan Kalianget, ditanggung oleh Pemkab Sumenep,” jelas Jakfar. Berbekal anggaran kurang lebih Rp 544 juta, diperkirakan Pemkiab Sumenep dapat menyasar sekitar 8.500 penumpang dalam mudik gratis tahun ini.{*}

» Baca Berita Sumenep, Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi.