Dapat Angin Segar Bakal Jadi Cawapres Usai PAN Dukung Prabowo, Erick Thohir: Saya Enggak Bisa Mendahului!

| -
Dapat Angin Segar Bakal Jadi Cawapres Usai PAN Dukung Prabowo, Erick Thohir: Saya Enggak Bisa Mendahului!
ANGIN SEGAR: Erick Thohir tinjau pasar murah di Surabaya, bakal jadi Cawapres Prabowo? | Foto: Barometerjatim.com/HPS

SURABAYA, Barometer Jatim – Sejak Juni 2023, Partai Amanat Nasional (PAN) getol mengusulkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai Cawapres mendampingi bakal Capres Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Kini, PAN -- bersama Partai Golkar -- resmi mendukung Prabowo. Apakah sudah ada titik temu bahwa Erick Thohir yang akan mendampingi Prabowo?

“Saya rasa tanya ke PAN-nya. Kan mereka sedang berkoalisi, saya enggak bisa mendahului,” kata Erick usai meninjau pasar murah yang digelar Kementerian BUMN di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (13/8/2023).

Menurut menteri yang juga Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu, selain dirinya tegak lurus dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), semuanya terlalu dini karena masih proses. Ibarat percintaan, ketika sudah mulai cocok masih ada faktor orang tua alias koalisi.

| Baca juga:

“Sama, dalam proses seperti ini kan ada koalisi, perlu 20% ya. Sama seperti percintaan, perlu ada prosesnya. Jadi saya tidak tahu,” katanya.

Erick menegaskan, dirinya hanya menjalankan instruksi Presiden Jokowi agar membikin bikin pasar murah sebanyak-banyaknya. “BUMN, kepala daerah, menteri lain, ini yang kita dorong sekarang,” ucapnya.

Sementara itu dari Jakarta, Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugianto mengatakan partainya bakal memprioritaskan Erick Thohir sebagai bakal Cawapres mendampingi Prabowo.

"Masih tetap (mengusulkan nama Erick Thohir), artinya prioritas pertama kita begitu," ujarnya kepada wartawan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta.

| Baca juga:

PAN, tandas Bima, selalu mengusulkan nama Erick sebab kedekatannnya dengan PAN. "Tapi seperti yang disampaikan Ketum, masalah Wapres akan dibicarakan bersama-sama koalisi yang sudah terbentuk ini," ungkapnya.

Diketahui, PAN dan Partai Golkar resmi mendeklarasikan dukungan ke Prabowo setelah kedua partai tersebut menandatangani kerja sama politik dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Surat ditandangani oleh masing-masing Ketum, yakni Prabowo Subianto (Gerindra), Muhaimin Iskandar (PKB), Airlangga Hartarto (Golkar), dan Zulkifli Hasan (PAN).{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.