Pesan Tajam Eri Cahyadi ke ASN di Hari Pahlawan: Terus Berjuang, Jangan Pernah Minta Jabatan!

| -
Pesan Tajam Eri Cahyadi ke ASN di Hari Pahlawan: Terus Berjuang, Jangan Pernah Minta Jabatan!
HARI PAHLAWAN: Peringatan Hari Pahlawan di Taman Surya halaman Balai Kota Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/HPS

SURABAYA | Barometer Jatim – Pemkot Surabaya menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional 2023 di Taman Surya halaman Balai Kota Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Upacara yang berlangsung khidmat diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Surabaya serta Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot. Hadir pula para veteran, TNI-Polri, pelajar Surabaya, dan masyarakat umum.

Eri menyampaikan, Hari Pahlawan merupakan momen mengenang jasa para pahlawan yang gugur berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Menurutnya, para pahlawan telah mengajarkan untuk tidak pernah menyerah dalam memperjuangkan cita-cita.

"Kalau sudah berperang jangan pernah meminta jabatan, jangan pernah meminta pangkat. Tadi disampaikan pesan-pesan para pahlawan yang sangat menyentuh, ada Bung Karno, ada Bung Hatta yang luar biasa," kata Eri.

| Baca juga:

Menurutnya, perjuangan para pahlawan tidak berhenti setelah Indonesia merdeka. Mereka terus berjuang untuk membebaskan masyarakat dari kemiskinan, kebodohan, dan pengangguran.

"Maka hari ini ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah pahlawan perang. Kader Surabaya Hebat (KSH), kader PKK, dan seluruh warga Surabaya adalah pahlawan perang. Berarti apa? Semua pahlawan tidak pernah ada kata menyerah. Karena itu saya berharap seluruh warga Surabaya ayo kita terus berjuang," ujarnya.

Eri menyatakan, selama di Surabaya masih ada kemiskinan, anak putus sekolah, stunting dan pengangguran, maka perjuangan belum selesai. Karena itu, dia mengajak seluruh warga untuk bersatu padu membangun Surabaya demi membebaskan diri dari masalah-masalah tersebut.

"Di Surabaya tidak ada yang lebih baik, di Surabaya tidak ada yang paling sempurna. Karena dari dulu kita diajarkan selalu mengatakan kemerdekaan adalah milik seluruh warga Indonesia, khususnya warga Surabaya di 10 November," tegasnya.

Ajak Pemuda Berperan

Di momen peringatan Hari Pahlawan, Eri juga mengajak seluruh anak muda untuk berperan aktif dalam pembangunan Surabaya. Baginya, anak muda merupakan penentu arah masa depan bangsa.

"Anak muda ini penentu bangsa, kalau anak muda trek-trekan (balap motor liar), minum minuman keras, mau jadi apa pemudanya. Karena pemuda yang menentukan nasib bangsa," jelasnya.

Eri berharap, dengan semangat Hari Pahlawan anak-anak muda dapat bersatu padu membangun Surabaya menjadi kota yang lebih baik. "Ayo kita bergabung pemuda menjadi satu kekuatan besar, kita bangun Surabaya demi kemerdekaan," ucapnya.

| Baca juga:

Peringatan Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya juga dimeriahkan sejumlah pertunjukan seni, musik dan teatrikal yang diperankan arek-arek Suroboyo. Selain itu, acara dimeriahkan atraksi Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL serta Paduan Suara dari pelajar Surabaya.

Sementara di akhir kegiatan, dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada 30 orang terdiri dari ASN, TNI, Polri, stakeholder, veteran, ulama, hingga atlet berprestasi.{*}

| Baca berita Pemkot Surabaya. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.