Mau Berwisata ke Madura? Bupati Fauzi: Belum Sah kalau Belum Nikmati Oksigen Pulau Gili Iyang!

| -
Mau Berwisata ke Madura? Bupati Fauzi: Belum Sah kalau Belum Nikmati Oksigen Pulau Gili Iyang!
NIKMATI OKSIGENNYA: Pulau Gili Iyang, oksigennya terbaik kedua setelah Laut Mati Yordania. | Foto: IST

SUMENEP | Barometer Jatim – Pulau Madura menyuguhkan beragam keindahan tempat wisata. Tapi bagi wisatawan, belum sah rasanya kalau belum berkunjung ke Pulau Gili Iyang di Kabupaten Sumenep yang ketenarannya mendunia.

“Rasanya belum sah kalau ke Madura tidak berkunjung ke Pulau Gili Iyang,” kata Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Sabtu (9/12/2023).

“Selain menikmati panorama laut yang indah, wisatawan juga bisa berkunjung untuk berwisata kesehatan menikmati kandungan oksigen yang tinggi,” sambungnya.

Fauzi menuturkan, sesuai dengan hasil penelitian Lembaga Penelitian Antariksa Nasional (Lapan) pada 2006, kandungan oksigen di Pulau Gili Iyang mencapai 20,9 persen dengan Level Explosif Limit (LEL) 0,5 persen dan merupakan yang terbaik di Indonesia.

| Baca juga:

“Pulau Gili Iyang memang menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Indonesia, dengan oksigen terbaik destinasi itu akan terus berkembang,” tambahnya.

Kandungan oksigen Pulau Gili Iyang, lanjut Fauzi, berada di peringkat kedua terbaik dunia atau satu tingkat di bawah Laut Mati Yordania. Bahkan ketika ada kajian ulang mengenai kandungan oksigen di pulau tersebut, nilainya antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal.

Ini yang membuat Pulau Gili Iyang dijadikan destinasi wisata kesehatan. Tingginya kadar oksigen itu, konon berpengaruh pada usia penduduknya yang bisa lebih panjang.

“Banyak penduduk di sana yang berumur lebih dari 100 tahun, ini menjadi bukti yang autentik,” jelasnya.

| Baca juga:

Dikatakan Fauzi, dari segi geografis Pulau Gili Iyang berada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Pulau itu terus menyedot kunjungan wisata sejak LAPAN mempublikasikan hasil penelitiannya.

“Sekarang ini banyak wisatawan dari mancanegara yang berkunjung ke Gili Iyang untuk menikmati kandungan oksigennya,” tambah bupati yang juga politikus PDIP tersebut.

Pulau kecil di tengah 17.000 pulau di kawasan Nusantara itu, didatangi banyak kalangan yang ingin menghirup oksigen terbaik.

"Jadi sudah banyak wisatawan dari luar kota dan bahkan luar negeri yang datang ke Pulau Gili Iyang," pungkasnya.{*}

| Baca berita Sumenep. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.