13 Hari Lagi Khofifah Lengser, Boedi Soeprajitno Bakal Tergusur dari Ketua TKD Prabowo-Gibran Jatim?

| -
13 Hari Lagi Khofifah Lengser, Boedi Soeprajitno Bakal Tergusur dari Ketua TKD Prabowo-Gibran Jatim?
TUNGGU JANUARI: Boedi Soeprajitno, tetap Ketua TKD Jatim atau digantikan Khofifah? | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA | Barometer Jatim – 13 hari lagi, 31 Desember 2023, Khofifah Indar Parawansa lengser dari takhta Gubernur Jawa Timur dan mulai Januari 2024 resmi bergabung dengan tim pemenangan Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Kepastian mendukung Prabowo-Gibran itu disampaikan Khofifah, Minggu, 10 Desember 2023, usai menerima rekomendasi dari Partai Gerindra untuk maju kembali Cagub Jatim di Pilgub 2024.

“Saya rasa kawan-kawan (wartawan) pasti sudah paham kan? He.. he.. Resminya itu nanti Januari, tapi kan kawan-kawan bisa melihat trennya. Bahwa partai-partai pengusung ini (pemberi rekomendasi Cagub) kebetulan afiliasinya di 02,” ujarnya.

| Baca juga:

Clear! Namun belum jalas, lewat jalan apa Khofifah akan 'berkeringat' untuk Prabowo-Gibran. Men-take over posisi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim dari Boedi Soeprajitno, kembali menghidupkan Jaringan Kiai Santri Nusantara (JKSN) yang di Pilpres 2019 dibikin untuk pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin, ataukah membentuk organ baru dengan basis dukungan dari warga Muslimat Nahdaltul Ulama (NU)?

Terlebih Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sudah melontarkan optimismenya Prabowo-Gibran bakal memenangi pertarungan Pilpres 2024 di Jatim lantaran memiliki duet penyerang: Khofifah dan Soekarwo alias Pakde Karwo.

“Jadi kalau sudah penyerangnya dua, tandem, itu sepertinya kita di Jatim juga menang Pak Prabowo,” kata Airlangga saat acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Senin malam, 6 November 2023.

Tunggu Januari 2024

Dari sekian asumsi yang berkembang, Pendakwah yang juga Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Ora Aji Sleman, Yogyakarta, KH Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) -- salah seorang kiai pendukung Prabowo-Gibran -- berharap Khofifah jadi Ketua TKD Jatim.

“Kalau saya berharapnya 31 Desember selesai, Bu Khofifah jadi TKD,” katanya usai menghadiri acara bersama ribuan warga Muslimat NU di Jatim Expo Surabaya, Kamis, 7 Desember 2023. Jadi ketua atau yang lain? “Kalau sekaliber beliau ya seharusnya ketua lah, masak cuma jadi penderek (pengikut),” katanya.

Apakah harapan itu sudah dikomunikasikan dengan Khofifah? “Kalau saya mendorog terus, karena kebijakannya di Jakarta. Tapi yang jelas suksesi 2024, ya Prabowo-Gibran Presiden-Wakil Presiden, Bu Khofifah Gubernur (Jatim) lagi, amin,” katanya.

| Baca juga:

Boedi sendiri saat acara diskusi dengan wartawan di Pokso TKD Prabowo-Gibrab Jatim di Jalan Diponegoro 9 Surabaya, Senin malam, 4 Desember 2023, tak memberi jawaban yang tegas soal posisinya setelah Khofifah lengser dari Gubernur Jatim.

“Kalau dilihat beliau memang selesainya di akhir Desember ya. Setelah Januari ya sabar, nanti sama-sama lihat lah, he.. he.. Ya nanti, karena ini sesuatu yang belum bisa kita pastikan. Fokusnya sekarang yang penting adalah bagaimana kita, TKD ini running, tancap gas!” ucapnya.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.