Jelang 3 Tahun Nakhodai Surabaya, Eri Cahyadi Kantongi 106 Penghargaan!

| -
Jelang 3 Tahun Nakhodai Surabaya, Eri Cahyadi Kantongi 106 Penghargaan!
PENGHARGAAN: Eri Cahyadi raih 106 penghargaan nasional dan internasional. | Foto: HPS

SURABAYA | Barometer Jatim – Belum genap tiga tahun Wali Kota Eri Cahyadi memimpin Surabaya. Tapi soal prestasi, jangan tanya. Berbagai terobosan dan inovasi perlahan berhasil mengubah Kota Pahlawan, bahkan berbagai kebijakannya banyak menyita perhatian publik.

Buktinya, sebanyak 106 penghargaan nasional dan internasional diraihnya dalam kurun waktu tersebut, baik penghargaan untuk personal sebagai wali kota maupun Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Sejak dilantik pada 26 Februari 2021 hingga akhir 2023 ini, 106 penghargaan diraih Eri terdiri dari 26 penghargaan secara personal, 76 penghargaan nasional, dann 4 penghargaan internasional.

“Semua pelayanan yang dilakukan oleh Pemkot, tujuan utamanya bukan penghargaan, namun kami ingin memberikan yang terbaik untuk warga Kota Surabaya,” kata Eri di ruang kerjanya, Minggu (31/12/2023).

| Baca juga:

Dari 106 penghargaan, beberapa sangat fenomenal dan menjadi sejarah baru bagi Surabaya karena baru pertama kali diraih Pemkot Surabaya. Di antaranya penghargaan ASEAN Environtmentally Sustainable City (ESC) kategori Udara Terbersih Kota Besar.

Lewat penghargaan ini, Surabaya diakui sebagai kota yang memiliki udara terbersih se-Asia Tenggara. Penghargaan internasional ini diterima Eri dalam acara yang bertajuk “The 5 ASEAN ESC Award and the 4 Certificate of Recognition” di Jakarta.

Penghargaan internasional lainnya yakni Surabaya meraih Sertifikat Komitmen Kota Layak Anak Dunia dari Unicef. Sertifikat ini menjadi penguat bagi Surabaya untuk menjadi anggota Child Friendly Cities Initiatives (CFCI), sebuah forum atau jaringan khusus di dunia yang fokus pada Kota Layak Anak tingkat dunia. Surabaya menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang dinilai layak menjadi Kota Layak Anak Dunia.

Sedangkan penghargaan nasional yang sangat fenomenal yaknni penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN RI, yang diberikan kepada Eri sekaligus diberikan kepada Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesehatan Keluarga (TP-PKK) Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi. Penghargaan tertinggi ini diberikan berkat terobosan dan inovasi Pemkot Surabaya dalam menurunkan angka stunting dan kemiskinan.

| Baca juga:

Terkait penghargaan ini, Eri menegaskan selama ini jajaran Pemkot dan TP PKK Surabaya terus berusaha mengubah mindset atau cara berpikir warga Surabaya. Dia juga menyampaikan rasa syukurnya karena pembangunan SDM yang dilakukan sudah terlihat keberhasilannya dengan adanya guyub antarwarga Surabaya.

“Jadi, semua penghargaan ini untuk seluruh warga Kota Surabaya, termasuk media. Karena memang yang mengkomunikasikan dan menyebarluaskan berbagai program itu adalah media,” kata Eri.

“Saya dan jajaran Pemkot tidak bisa sendirian membangun kota ini, tapi kami butuh dukungan dari semua pihak, semua warga Surabaya. Kalau kita bersama-sama membangun kota ini, saya yakin Surabaya ke depan akan menjadi kota yang baldatun toyyibatun warabbun ghafur,” imbuhnya.{*}

| Baca berita Pemkot Surabaya. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.