JKSN Bikinan Khofifah Dukung Prabowo-Gibran, Masih Ampuhkah Jadi Mesin Pemenangan di Pilpres?

| -
JKSN Bikinan Khofifah Dukung Prabowo-Gibran, Masih Ampuhkah Jadi Mesin Pemenangan di Pilpres?
DUKUNG PRABOWO-GIBRAN: Kiai Asep dalam silaturahmi dan konsolidasi JKSN di Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/RTM

SURABAYA | Barometer Jatim – Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) kembali tampil mendukung pasangan Capres-Cawapres. Di Pilpres 2019, JKSN yang dimotori KH Asep Saifuddin Chalim dan Khofifah Indar Parawansa dibentuk untuk mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin yang saat itu berhadapan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Kini di Pilpres 2024 berbalik siap 'berkeringat' untuk Prabowo yang berpasangan dengan anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Silaturahmi dan konsolidasi digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah asuhan Kiai Asep di Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Sabtu, 30 Desember 2023.

| Baca juga:

Kiai Asep menegaskan, JKSN sejak awal searah dengan penggagas, pendiri, sekaligus pembinanya, yakni Khofifah. “Ketika Khofifahnya sudah jelas ke Prabowo-Gibran, maka JKSN ya ke Prabowo-Gibran,” katanya.

Tapi masih ampuhkah JKSN jadi mesin pemenangan? Terlebih, Khofifah masih menjabat sebagai Gubernur Jatim sampai 13 Februari 2024 atau hingga hari terakhir masa tenang. Beda misalnya di Pilpres 2019, status Khofifah adalah Gubernur Jatim terpilih dan belum dilantik sehingga sewaktu-waktu bisa keliling Indonesia.

Kiai Asep memastikan, JKSN akan turun di seluruh Indonesia untuk memenangkan Prabowo-Gibran. Soal anggota, jangan ditanya, karena berisi para kiai dan santri. Kiai yang juga Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu mengklaim jumlahnya jutaan.

| Baca juga:

“Jutaan dan besar sekali. Sementara di belakang saya kan ada Pergunu, jutaan. Di belakangnya Bu Khofifah ada Muslimat, Indonesia lho, jutaan,” katanya.

Karena itu, Kiai Asep menarget Prabowo-Gibran menang satu putaran. “(Di Jatim) 65% minimal. Sama, Jabar juga 65% tapi nanti capaiannya 60% sudah bagus dan artinya bisa satu putaran. 60%, 60%, Banten 55%, Jateng 50%, satu putaran,” ucapnya.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Retna Mahya | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.