JKSN Bentukan Khofifah Akhirnya Dukung Prabowo-Gibran, Gus Hans: 'Perang' Sudah Jalan Kenapa Baru Muncul?

| -
JKSN Bentukan Khofifah Akhirnya Dukung Prabowo-Gibran, Gus Hans: 'Perang' Sudah Jalan Kenapa Baru Muncul?
TAK TERLAMBAT: Gus Hans, siapa pun tak ada kata terlambat dukung Prabowo-Gibran. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SURABAYA | Barometer Jatim – Tak kunjung bersikap di Pilpres 2024, Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) akhirnya secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap Capres-Cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumig Raka.

Dukungan terbuka tersebut baru dilakukan, ternyata menunggu langkah Gubernur Jawa Timur sekaligus penggagas JKSN, Khofifah Indar Parawansa yang akhirnya memilih berada di barisan Prabowo-Gibran.

Lantas, apa reaksi elemen pendukung Prabowo-Gibran melihat JKSN yang baru muncul di tengah perjalanan?

Jaringan Gawagis (Jaga) Nusantara, misalnya, sempat mempertanyakan kenapa baru sekarang muncul. “'Peperangan' sudah berjalan di tengah-tengah baru muncul,” kata Ketua Umum Jaga Nusantara, KH Zahrul Azhar As’ad, Sabtu (6/1/2024).

| Baca juga:

“Tapi apa pun itu, siapa pun itu, tidak ada kata terlambat, yang penting kita memiliki tujuan dan semangat yang sama. Ya memang ‘hidayah’ orang itu kan berbeda-beda, baik waktu dan penyebabnya,” sambungnya.

Jadi prinsipnya, tandas kiai muda Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang yang akrab disapa Gus Hans itu, siapa pun yang ingin membantu Prabowo-Gibran dipersilakan.

“Mau itu abang becak, para pedagang pasar, pedagang asongan, atau siapa pun kalau memang tujuannya untuk kemenangan Prabowo-Gibran ya alhamdulillah,” ucapnya.

Mungkin Lihat Survei

Gus Hans menilai, JKSN pasti punya alasan sehingga baru sekarang bersikap, di antaranya mungkin karena melihat hasil survei.

“Di berbagai survei, kita kan memang pada posisi yang unggul. Jadi wajar kalau misalnya mereka baru bergerak sekarang,” ucapnya.

Lain halnya dengan elemen lain pendukung Prabowo-Gibran yang sudah bergerak lebih awal, di saat masih belum yakin sama sekali dengan pasangan yang didukungnya.

“Bahkan yang lain sempat menentang, kita alhamdulillah sudah bergerak. Tapi apa pun itu, siapa pun itu, kita hargai dan mudah-mudahan bisa menambah suara lah sedikit banyaknya,” ucap Gus Hans.

| Baca juga:

Sebelumnya, Ketua Dewan Penasihat JKSN, KH Asep Saifuddin Chalim menyampaikan bahwa JKSN sejak awal searah dengan penggagas, pendiri, sekaligus pembinanya, yakni Khofifah.

“Ketika Khofifah-nya sudah jelas ke Prabowo-Gibran, maka JKSN ya ke Prabowo-Gibran,” katanya saat silaturahmi dan konsolidasi JKSN di Ponpes Amanatul Ummah asuhanya di Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Sabtu (30/12/2023) malam.

Setelah menyatakan terbuka memberikan dukugan, Kiai Asep memastikan JKSN akan turun di seluruh Indonesia untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

Soal anggota, jangan ditanya, karena berisi para kiai dan santri. Kiai yang juga Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu mengklaim jumlahnya jutaan.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.