Prabowo-Gibran Tembus 54,2% di Jatim, The Republic Institute: Gerindra Paling Solid dan Militan!

| -
Prabowo-Gibran Tembus 54,2% di Jatim, The Republic Institute: Gerindra Paling Solid dan Militan!
PALING SOLID: Anwar Sadad dan kader Gerindra paling solid dukung Prabowo-Gibran. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA | Barometer Jatim – Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berpeluang menang tebal di Jawa Timur. Hasil survei terbaru The Republic Institute memotret elektabilitas Paslon 02 tersebut bertengger tinggi di atas, bahkan menembus angka 54,2%.

Posisi kedua ditempati Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mengantongi elektabilitas 27,4%, disusul Paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dengan keterpilihan 15,3%, sedangkan 3,1% responden lainnya belum menentukan pilihan.

Survei The Republic Institute, dilakukan pada 1-8 Januari 2024 di 38 kabupaten/kota se-Jatim dengan jumlah responden 1.400 orang dan margin of error kurang lebih 2,62%.

| Baca juga:

Apa yang membuat Prabowo-Gibran begitu digdaya di Jatim? Peneliti Utama The Republic Institute, Sufyanto membeberkan sejumlah faktor. Salah satunya berkat kerja keras Partai Gerindra Jatim pimpinan Anwar Sadad, yang notabene motor partai penggerak utama di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kalau kita lihat memang pemilih Gerindra Jatim itu paling solid mendukung Prabowo-Gibran. Dan Partai Gerindra Jatim memang sangat militan dalam bergerak memenangkan Prabowo-Gibran," kata Sufyanto saat paparan hasil survei lembaganya di Surabaya, Selasa (23/1/2024).

Makin Di-Bully Makin Tinggi   

UNGGUL TEBAL: The Republic Institute paparkan hasil survei, Prabowo-Gibran tembus 54,2% di Jatim. | Foto: IST

Selain kerja keras Gerindra Jatim, Sufyanto menyebut faktor lain yakni ketokohan Prabowo yang mendapat simpati dari rakyat Jatim. Lalu faktor Gibran yang merupakan anak dari Presiden Jokowi.

"Di Jatim itu masih ada politik iba, meski persentasenya tidak besar, tapi itu ada. Selain itu, ketika debat Paslon 02 di-bully, justru angkanya makin tinggi. Grass-roots masyarakat kita itu makin simpati kalau ada Paslon di-bully," bebernya.

| Baca juga:

Selain itu, terang Sufyanto, di tim Prabowo-Gibran juga didominasi dukungan dari tokoh-tokoh elite Jatim. “Sebut saja Khofifah, Pakde Karwo, Imam Utomo, itu memberi sumbangsih elektoral juga," ucapnya.

Mantan Ketua Bawaslu Jatim tersebut menambahkan, kerja keras dari partai pengusung Prabowo-Gibran di Jatim juga memberi sumbangsih elektoral meski belum signifikan.

"Tentu kerja bersama, kerja keroyokan ini yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran leading jauh di Jatim. Temuan kami juga memotret kemantapan pemilih partai Koalisi Indonesia Maju turut linier memilih paslon 02," imbuhnya.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.