Keponakan Khofifah Juara Suara Calon DPD RI di Tuban, Faktor PMII?

| -
Keponakan Khofifah Juara Suara Calon DPD RI di Tuban, Faktor PMII?
ALUMNI PMII: Khoirul Huda, Lia Istifhama direkom untuk dipilih kader muda NU dan alumni PMII. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Keponakan eks Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Lia Istifhama meraih suara tertinggi, 82.854 untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di wilayah Kabupaten Tuban.

Kepastian itu didapat dari hasil rekapitulasi suara di tingkat provinsi yang digelar KPU Jatim di Hotel Shangri-La Surabaya, Minggu (3/2/2024). Sesuai agenda, rekapitulasi 38 kabupaten/kota se-Jatim bakal berlangsung hingga 8 Maret mendatang.  

Terkait kemenangan Lia di Bumi Ronggolawe, Ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) Tuban, Khoirul Huda menyebut di ataranya karena ada faktor PMII.

“Ning Lia merupakan salah satu kader NU, alumni PMII yang kami rekomendasikan untuk dipilih kader muda NU dan alumni PMII, terutama yang kemarin memiliki hak pilih di Tuban,” kata Huda.

“Selain Ning Lia, saat itu kami juga merekomendasikan Ahmad Nawardi dan Doddy Dwi Nugroho. Dan alhamdulillah, untuk saat ini, sudah sangat terang bahwa Ning Lia masuk dalam empat besar calon senator,” sambungnya.

Bagi Huda, sebenarnya hal ini bukan kejutan karena Lia memang diprediksi lolos. “Survei yang beredar sebelum coblosan, dia masuk urutan kedua. Soal populer, pasti. Karena Nng Lia memang aktivis dan nyata turun menggaet simpati masyarakat.”

TINGKAT JATIM: Rekapitulasi hasil suara Pemilu 2024 di tingkat Provinsi Jatim. | Foto: IST

Alumus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya itu berharap, setelah Lia jadi senator mampu menjadi teladan yang baik bagi kader muda PMII, terutama Gen Z.

“Sekarang kan kita berada pada era digitalisasi. Era kompetisi yang serba sat set wat wet. Jadi kader muda PMII harus cepat, lincah, dan tanggap mengambil peluang,” kata Huda.

“Harapan saya, Ning Lia kelak jika di Senayan, memberikan contoh nyata bahwa kiprahnya sangat membanggakan. Ini akan menjadi stimulus bagi adik-adik PMII agar semangat membangun kiprah di tengah masyarakat,” imbuhnya.{*}

| Baca berita DPD RI. Baca tulisan terukur Hamim Anwar | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.