Pilgub Jatim 2024, PAN Masih Ogah-ogahan Khofifah Duet Lagi dengan Emil Dardak!

| -
Pilgub Jatim 2024, PAN Masih Ogah-ogahan Khofifah Duet Lagi dengan Emil Dardak!
HALAL BI HALAL: Zulkifli Hasan usai menghadiri Halal bi Halal yang digelar DPW PAN Jatim. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Meski Khofifah Indar Parawansa bolak-balik menyatakan nyaman dengan Emil Elestianto Dardak dan siap berpasangan lagi di Pilgub Jatim 2024, tiga dari empat Parpol pemberi rekomendasi rupanya masih ogah-ogahan.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) misalnya. Tidak menjawab secara tegas apakah rekomendasi partainya untuk bakal Cawagub pendamping Khofifah akan diberikan ke Emil Dardak.

“Ya nanti, kan ini memang baru proses. Nanti kan pendaftaran itu Agustus ya. Kalau Ibu Khofifah dari awal sudah,” katanya usai menghadiri Halal bi Halal dan Rakorwil Menuju Pilkada 2024 yang digelar DPW PAN Jatim di Surabaya, Selasa (30/4/2024).

Zulhas yang juga Menteri Perdagangan menandaskan, Khofifah dari awal memang sudah menjadi bagian dari PAN. Selain dirinya kenal sejak lama, PAN juga tahu betul Khofifah bekerja sungguh-sungguh untuk memajukan masyarakat Jatim.

“Kami tahu persis. Semua mengakui Ibu Khofifah sukses memimpin Jatim. Jadi otomastis kita akan memperjuangkan habis-habisan, agar Ibu Khofifah melanjutkan kepemimpinan Guberur Jatim untuk periode kedua,” ucapnya.

Diketahui, sudah ada empat Parpol yang memberikan rekomendasi Khofifah maju Pilgub Jatim 2024. Yakni PAN, Gerindra, Golkar, dan Demokrat. Namun hanya Demokrat yang baru memberikan rekomendasi secara berpasangan, yakni Khofifah-Emil.

Golkar dan Gerindra -- di tengah Khofifah bolak-balik menyatakan nyaman dengan Emil -- bahkan sudah menyiapkan sejumlah nama bakal Cawagub untuk disodorkan ke Khofifah.

“Tentu harus kita bicarakan sama Bu Khofifah, kita punya banyak sumber daya yang bisa kita dorong,” kata Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhamad Sarmuji.

Nama-nama yang disiapkan, terang Sarmuji, kalau pilihannya yang muda ada Bayu Airlangga. Kalau pilihannya lebih senior dan berpengalaman di birokrat ada Heru Tjahjono.

Ada pula Wakil Ketua DPRD Jatim, Istu Hari Subagio; Ketua DPD Ormas MKGR Jatim, Kodrat Sunyoto; serta Ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim, Blegur Prijanggono.

Sedangkan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad menegaskan, nama bakal Cawagub tidak akan diumbar ke publik saat ini, karena baru akan disampaikannya saat digelar pertemuan bersama antara Khofifah dengan Parpol pemberi rekomendasi.

“Gerindra Jatim akan menyodorkan nama Cawagub dalam suatu pertemuan antara partai-partai, yang sudah secara tegas memberikan dukungan kepada Bu Khofifah di hadapan Bu Khofifah sendiri,” katanya.

Hal itu menjadi penting, tandas Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut, agar Cawagub yang diusung menjadi bagian dari strategi kemenangan bersama.

Bukan hanya terkait kepentingan Pilgub, tapi juga menyangkut kepentingan Pilkada di kabupaten/kota dan kepentingan Partai Gerindra secara khusus.

“Dan sebenarnya kita menunggu inisiatif dari Cagub yang sudah kita usung, bagaimana membangun komunikasi itu kalau misalnya hari ini Gerindra Jatim mengusulkan nama A atau B sebagai Cawagub,” kata Sadad yang di Pemilu 2024 ini terpilih menjadi anggota DPR RI.

Ya, Khofifah memang bolak-balik menyatakan nyaman dengan Emil. Terbaru disampaikan saat menghadiri Silaturahim Syawal 1445 Hijriyah dan Tausiyah Kebangsaan yang digelar Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Jawa Timur, Sabtu (27/4/2024).

“Bersama Pak Emil saya merasa nyaman dan produktif. Nyaman penting, produktif penting. Oleh karena itu, doa kami, apa yang sudah kami lakukan lima tahun yang lalu mudah-mudahan memberikan manfaat dan berkah,” katanya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.