3 Parpol Perekom Ogah-ogahan Usung Emil, ARCI: Celah Bagi Sadad, Sarmuji hingga Fauzi Dampingi Khofifah!

| -
3 Parpol Perekom Ogah-ogahan Usung Emil, ARCI: Celah Bagi Sadad, Sarmuji hingga Fauzi Dampingi Khofifah!
KANDIDAT CAWAGUB: (Dari kiri) Emil Dardak, Achmad Fauzi, Anwar Sadad, Muhamad Sarmuji. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Sikap ogah-ogahan tiga dari empat Parpol pemberi rekomendasi Khofifah Indar Parawansa -- Gerindra, Golkar, dan PAN -- untuk mengusung Emil Elestianto Dardak sebagai bakal Cawagub, memunculkan sejumlah nama alternatif pendamping perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut di Pilgub Jatim 2024.

"Semua pimpinan partai di Jatim yang telah memberikan rekom ke Ibu Khofifah, memiliki peluang yang sama untuk digandeng sebagai Cawagub," nilai Direktur Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siratj menyikapi situasi terkini Pilgub Jatim, Rabu (1/5/2024).

Baihaki menandaskan, semua kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk skema Khofifah menggandeng Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad; Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhamad Sarmujil atau nama-nama lain yang sempat mengemuka.

Apalagi PDIP Jatim sedang gencar-gencarnya merayu Khofifah untuk bergandengan di Pilgub Jatim, bahkan beredar kabar sudah mengusulkan nama kadernya yang juga Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi Wongsojudo ke DPP PDIP.

"Jika nama Mas Emil tidak ada titik temu di internal koalisi, bisa Jadi Bu Khofifah akan menggandeng nama lain. Itu sangat realistis karena politik itu seni kompromi," jelasnya.

Bagaimana dengan elektabilitas? Melihat kembali survei terbaru ARCI, untuk kategori top of mind Cagub Jatim 2024, Khofifah masih teratas dengan keterpilihan 39,2%. Disusul Emil Elestianto Dardak 16,7%, dan Anwar Sadad 9,5%.

  • PASANGAN KHOFIFAH DI PILGUB JATIM
    - 2008 : Khofifah berpasangan dengan Mudjiono (49,89%), kalah dari Soekarwo-Saifullah Yusuf (50,11%)
    - 2013 : Khofifah berpasangan dengan Herman S Sumawiredja (37,62%), kalah dari Soekarwo-Saifullah Yusuf (47,25%)
    - 2018 : Khofifah berpasangan dengan Emil Dardak (53,55%), menang atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (46,45%)
    - 2024 : ?

Lalu ada nama Mensos Tri Rismaharini atau Risma di angka 9,4%, disusul Sarmuji 8,2%, Bupati Sumenep Ahmad Fauzi 7,8%, dan responden yang belum menjawab sebanyak 9,2%.

Sedangkan untuk posisi Cawagub, elektabilitas Emil mencapai angka 35,4%. Disusul Ahmad Fauzi 19,2%, kemudian eks Bupati Bojonegoro Anna Muawana 13,7%.

Seperti diketahui, meski Khofifah bolak-balik menyatakan nyaman dengan Emil Dardak dan siap berpasangan lagi di Pilgub Jatim 2024, nyatanya tiga dari empat Parpol pemberi rekomendasi masih ogah-ogahan.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas) misalnya. Tidak menjawab secara tegas apakah rekomendasi partainya untuk bakal Cawagub pendamping Khofifah akan diberikan ke Emil Dardak.

“Ya nanti, kan ini memang baru proses. Nanti kan pendaftaran itu Agustus ya. Kalau Ibu Khofifah dari awal sudah,” katanya usai menghadiri Halal bi Halal dan Rakorwil Menuju Pilkada 2024 yang digelar DPW PAN Jatim di Surabaya, Selasa (30/4/2024).

Pun demikian dengan Golkar dan Gerindra. Partai Beringin bahkan sudah menyiapkan sejumlah nama bakal Cawagub untuk disodorkan ke Khofifah.

“Tentu harus kita bicarakan sama Bu Khofifah, kita punya banyak sumber daya yang bisa kita dorong,” kata Sarmuji.

Sedangkan Anwar Sadad menegaskan, nama bakal Cawagub tidak akan diumbar ke publik saat ini, karena baru akan disampaikannya saat digelar pertemuan bersama antara Khofifah dengan Parpol pemberi rekomendasi.

“Gerindra Jatim akan menyodorkan nama Cawagub dalam suatu pertemuan antara partai-partai, yang sudah secara tegas memberikan dukungan kepada Bu Khofifah di hadapan Bu Khofifah sendiri,” katanya.

Hal itu menjadi penting, tandas Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut, agar Cawagub yang diusung menjadi bagian dari strategi kemenangan bersama.

Bukan hanya terkait kepentingan Pilgub, tapi juga menyangkut kepentingan Pilkada di kabupaten/kota dan kepentingan Partai Gerindra secara khusus.

“Dan sebenarnya kita menunggu inisiatif dari Cagub yang sudah kita usung, bagaimana membangun komunikasi itu kalau misalnya hari ini Gerindra Jatim mengusulkan nama A atau B sebagai Cawagub,” ucapnya.

Dengan demikian, dari empat Parpol pemberi rekomendasi Khofifah maju Cagub Jatim 2024, hanya Demokrat yang memberi rekomendasi secara berpasangan, yakni Khofifah-Emil.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.