PKS Siap Usung Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya: Terserah! Mau Cawali atau Cawawali

| -
PKS Siap Usung Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya: Terserah! Mau Cawali atau Cawawali
RAJUT KOALISI: PKS Jatim berkunjung ke Golkar Jatim, jajaki koalisi di Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SURABAYA | Barometer Jatim – Poros Parpol yang tengah menjajaki mengusung Bayu Airlangga untuk melawan jagoan PDIP, Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya 2024 kian mengerucut.

Terbaru, kesiapan dilontarkan PKS Jatim saat berkunjung ke kantor DPD Partai Golkar Jatim di Jalan A Yani, Surabaya.

"Untuk Surabaya, perkembangan terakhir kami sudah mendengar laporan dari teman-teman DPD PKS Surabaya yang baru saja bertemu Mas Bayu Airlangga kemarin,” kata Ketua DPW PKS Jatim, Irwan Setiawan, Sabtu (18/5/2024).

“Kami dapat laporan Mas Bayu mau maju, kami akan menunggu laporan dari DPD Surabaya untuk mempertimbangkan Mas Bayu direkom," sambungnya.

Laporan dari DPD PKS Surabaya soal calon yang akan diusung di Pilwali Surabaya, tandas Irwan, selanjutnya akan dikirim ke DPP PKS. Nantinya DPP lah yang menentukan dan memberi rekomendasi.

  • HASIL PILEG 2024 DI SURABAYA : PDIP (11 kursi/336.698 suara), Gerindra (8/241.231 suara), PKB (5/159.362 suara), Golkar (5/136.814), PKS (5/135.733 suara), PSI (5/133.236 suara), Demokrat (3/103.382), PAN (3/83.567), PPP (3/52.410), Nasdem (2/62.658)

"Kami akan mendukung, Mas Bayu terserah mau di mana, di Cawali atau Cawawali. Kami tentunya dengan ada calon baru (Bayu Airlangga) bagi kami sangat baik. Tinggal teman-teman di Surabaya bagaimana nanti rekomendasinya ke atas," jelasnya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhamad Sarmuji menyambut baik kedatangan PKS. Menurutnya, Golkar dan PKS tengah membangun komunikasi untuk bekerja sama di sejumlah Pilkada kabupaten/kota, termasuk di Surabaya.

"Ada Kota Batu juga, Kota Malang, Trenggalek, Surabaya di mana kursi PKS ini tinggi. Kita jajaki peluang berkoalisi dengan teman-teman PKS," ucapnya.

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini juga mengapresiasi PKS, yang berhasil meningkatkan perolehan suara serta kursi di Jatim.

"Kami apresiasi PKS karena itu bukan hal yang mudah, sama seperti Golkar yang berjuang keras menaikkan suara dan kursi," tandas Sarmuji.

Sebelumnya, Golkar menggagas poros baru untuk menantang PDIP di Pilwali Surabaya 2024. Partai Beringin bahkan sudah menyiapkan kader mudanya, Bayu Airlangga melawan jagoan banteng, Eri Cahyadi.

Seperti diketahui, PDIP Surabaya yang memiliki 11 kursi hasil Pileg 2024 mengusulkan duo kadernya yang incumbent, Eri Cahyadi-Armuji ke DPP PDIP untuk diusung kembali di Pilwali Surabaya 2024.

Sarmuji menegaskan, untuk bisa membentuk poros baru partainya membutuhkan 5 kursi lagi dan kini disambut PKS (5 kursi), sebelumnya juga Gerindra (8 kursi). 

"Kalau disambut oleh partai lain kami bisa mengusung, karena kalau kami sendiri masih belum cukup kursi mengingat jumlah kursi kami hanya 5 di Surabaya," katanya.{*}

| Baca berita Pilwali Surabaya. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.