Pengamat: Tak Ada Kader Golkar Moncer di Surabaya, Bayu Airlangga Opsi Terbaik Lawan Jagoan PDIP!

| -
Pengamat: Tak Ada Kader Golkar Moncer di Surabaya, Bayu Airlangga Opsi Terbaik Lawan Jagoan PDIP!
MONCER: Bayu Airlangga, calon lawan kuat petahana Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya 2024. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Nama Bayu Airlangga kian mencuat untuk bertarung di Pilwali Surabaya 2024. Bahkan sejumlah partai sudah memberi sinyal kuat untuk mengusung Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim tersebut.

Pengamat Politik dari Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt menyebut Bayu bisa menjadi figur potensial untuk melawan jagoan PDIP, Eri Cahyadi.

"Bayu sangat potensial untuk melawan Eri Cahyadi. Di awal survei kami pada medio April 2024 lalu, elektabilitas Bayu sebagai Cawali Surabaya sudah di angka 8,7%," katanya, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Baihaki, modal 8,7% yang dimiliki Bayu sangat baik karena belum bergerak, termasuk belum memasang baliho dan bersosialisasi melalui sosial media.

  • HASIL PILEG 2024 DI SURABAYA : PDIP (11 kursi/336.698 suara), Gerindra (8/241.231 suara), PKB (5/159.362 suara), Golkar (5/136.814), PKS (5/135.733 suara), PSI (5/133.236 suara), Demokrat (3/103.382), PAN (3/83.567), PPP (3/52.410), Nasdem (2/62.658)

"Angka 8,7% itu dengan catatan Bayu belum bergerak sama sekali. Prediksi saya, jika Bayu turun dua bulan ini saja dengan memasang baliho dan aktif sosialisasi di sosial media, maka elektabilitasnya sangat berpeluang besar naik drastis dan kompetitif melawan Eri," jelasnya.

"Apalagi kita tahu tidak ada kader Golkar di Surabaya yang moncer, bahkan kurang dilirik masyarakat. Masuknya Bayu ini memberi pilihan bagus bagi Golkar untuk turun dengan kadernya di Pilwali Surabaya," tambahnya.

Lalu, apa yang membuat Bayu bisa kompetitif melawan Eri? "Bayu ini Ketua Projo (Pro Jokowi) Jatim yang notabene menjadi salah satu elemen penggerak kemenangan Prabowo-Gibran di Jatim, termasuk Surabaya. Bayu merupakan figur yang bergerak dengan klandestin (senyap)," jelas Baihaki.

"Selain itu, di belakang Bayu ada sosok Pakde Karwo yang merupakan mentor politiknya. Kita tahu, Pakde merupakan politikus gaek yang sangat diperhitungkan di Jatim," tambahnya.

Baihaki menambahkan, Bayu bisa menjadi opsi terbaik bagi partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk bertarung melawan PDIP yang mengusung petahana Eri Cahyadi-Armuji.

"Apalagi tingkat kepuasan warga Surabaya ke Eri-Armuji relatif semakin menurun. Jauh dibanding era Risma. Bayu ini terobosan bagus untuk KIM, di mana Bayu figur muda, asli Surabaya, dan punya pengalaman di legislatif yang baik," tandasnya.

Diketahui, sudah ada empat Parpol di Surabaya yang melirik nama Bayu. Yakni Golkar tempat Bayu bernaung, lalu Gerindra, PSI, dan PKS. Jika ditotal secara kursi, gabungan empat Parpol itu sudah mengantongi modal 23 kursi alias lebih dari cukup dari syarat 10 kursi.{*}

| Baca berita Pilwali Surabaya. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.