KAI Buka Rute Jakarta-Banyuwangi, Kunjungan Wisata Bakal Makin Terdongkrak!

| -
KAI Buka Rute Jakarta-Banyuwangi, Kunjungan Wisata Bakal Makin Terdongkrak!
DONGKRAK WISATA: KA rute Jakarta-Banyuwangi bakal meluncur Juli 2024. | Foto: Barometerjati.com/IST

BANYUWANGI | Barometer Jatim – PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal melucurkan rute Jakarta-Banyuwangi, Juli 2024. Rencana ini disambut Pemkab Banyuwangi, karena memberikan dampak positif mulai dari aspek ekonomi maupun sosial.

“Segera dibukanya rute Jakarta-Banyuwangi tentu memberikan dampak positif kepada kita. Berbagai macam pilihan transportasi Banyuwangi dari dan menuju Jakarta sekarang banyak alternatif. Selain pesawat dan bus, kini ditambah kereta api," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Jumat (28/6/2024).

Ipuk berharap, adanya transportasi kereta ke Banyuwangi membuat kunjungan ke Bumi Blambangan semakin meningkat dan pihaknya akan terus memaksimalkan potensi ekonomi yang hadir.

"Banyuwangi pastinya akan mempersiapkan dampak positif tentunya. Kunjungan akan lebih banyak ke Banyuwangi, potensi peningkatan ekonomi warga juga terkerek pastinya," katanya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Komang Sudira Atmaja menyebut rute Banyuwangi-Jakarta bakal dilayani menggunakan rangkaian KA Blambangan Ekspress.

"Ya benar, berdasar info dari KAI Daop IX relasi Banyuwangi-Jakarta jalur utara (via Semarang) akan segera dimulai bulan depan, Juli 2024," katanya.

KA Blambangan Ekspress adalah kereta api penumpang kelas eksekutif dan ekonomi, yang selama ini melayani relasi Stasiun Ketapang Banyuwangi-Stasiun Semarang Tawang.

Dengan adanya perpanjangan hingga Jakarta, kereta yang diluncurkan pada 2022 itu bakal melayani rute Stasiun Ketapang (Banyuwangi)-Stasiun Pasarsenen Jakarta.{*}

| Baca berita Banyuwangi. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.