PDIP Pilihan Milenial Surabaya, Ketua TMP: Tak Heran! Kebijakannya Saja Pro Anak Muda

| -
PDIP Pilihan Milenial Surabaya, Ketua TMP: Tak Heran! Kebijakannya Saja Pro Anak Muda
MILENIAL PILIH PDIP: Aryo Seno Bagaskoro, berharap 50 persen milenial Surabaya pilih PDIP. | Foto: IST

SURABAYA, Barometer Jatim – PDIP unggul telak sebagai Parpol pilihan milenial Surabaya. Dari survei terbaru Surabaya Survey Center (SSC) di 31 kecamatan se-Kota Pahlawan, Banteng Mocong Putih dipilih 41,3% responden, jauh meninggalkan Parpol lain.

Menanggapi hasil survei SSC, Ketua Taruna Merah Putih (TMP) Aryo Seno Bagaskoro mengaku bersyukur, terlebih selama ini dirinya dipercaya sebagai pimpinan organisasi sayap PDIP untuk menggalang suara anak muda.

Dia menilai, PDIP jadi pilihan milenial di Surabaya karena duet kepemimpinan Eri Cahyadi-Armuji serta Ketua DPRD Adi Sutarwijono di Surabaya hadir nyata di tengah-tengah masyarakat. Serta masih banyak tokoh lain kader partai yang juga melakukan hal serupa.

“Termasuk hadir di tengah kepentingan para pemuda. Mulai advokasi terkait mahasiswa pemuda tangguh bagi pelajar yang kurang mampu, pemberian ruang diskusi khusus kreatif seperti di balai-balai RW, ruang publik, dan fasilitas umum agar anak muda dapat belajar dan menciptakan kreasi,” katanya, Sabtu (14/1/2023).

Lantaran kebijakan pro anak muda inilah, Seno tak heran jika hasil riset SSC memunculkan PDIP sebagai partai pilihan milenial dengan angka telak sekaligus sebagai partai terbesar di Surabaya. “Saya optimistis angka survei akan terus menanjak. Kalau bisa milenial Surabaya 50 persen harus memilih PDIP," tekadnya.

PDIP, lanjut Seno, melalui sayap organisasi kepemudaan seperti TMP turun ke bawah tidak hanya menjelang Pemilu, namun seluruh kader turun bergerak sejak lama seperti arahan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Kami diminta untuk rajin menyapa masyarakat di setiap segmentasi dan setiap ruang. Bukan hanya menjelang 2024 baru kita gaspol, tetapi setelah menang Pemilu di tahun 2019 kita sudah tancap gas," ucapnya.

Seno menegaskan, PDIP merasa beruntung dan bersyukur karena masyarakat Surabaya sangat bersinergi dengan gerak dan kader-kader partai yang tidak pernah berhenti mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap orang banyak.

Taruna Merah Putih misalnya. Selama ini fokus melakukan rekruitmen politik dan pendidikan politik bagi anak-anak muda. "Dari situ, banyak sekali anak muda yang menjadi kawan kolaborasi dan sinergi kami yang berasal dari berbagai  macam layar belakang dan elemen," ucap Seno.

Dalam survei SSC yang dilaksanakan 1-10 Januari 2023 di 31 kecamatan di Kota Surabaya, PDIP memuncaki Parpol pilihan milenial dengan angka telak mencapai 41,3%.

Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam mengungkapkan, setelah PDIP baru kemudian diikuti PKB 10,5% dan Gerindra 9,8%, lalu Demokrat 6,7%, serta Golkar 5,5%.

"Partai-partai lainnya hanya berada di kisaran 5 persen ke bawah,” terang peneliti yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura (UTM) tersebut.

Dalam survei SSC, sebanyak 1.200 responden dipilih menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.{*}

  • PARPOL PILIHAN MILENIAL SURABAYA
    1. PDIP: 41,3%
    2. PKB: 10,5%.
    3. Gerindra: 9,8%
    4. Demokrat: 6,7%
    5. Golkar: 5,5%
    6. PKS: 4,6%
    7. Nasdem: 3,9%
    8. PAN: 1,9%
    9. PPP: 1,2%
    10. Perindo: 1,2%
    11. PSI: 1,1%
    12. PBB: 0,3%
    13. Buruh: 0,2%
    14. Garuda: 0,2%
    15. Ummat: 0,2%
    16. Gelora: 0,2%
    17. Hanura: 0,1%
    18. PKN: 0,1%
    Tidak Menjawab: 11%

» Baca berita terkait Survei. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.