Khofifah Laris Manis di Bursa Cawapres, Gus Hans: Yang Dilirik Muslimatnya, Bukan Khofifahnya!

| -
Khofifah Laris Manis di Bursa Cawapres, Gus Hans: Yang Dilirik Muslimatnya, Bukan Khofifahnya!
SINYAL BERPASANGAN DI 2024?: Prabowo-Khofifah saat bertemu empat mata di Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA, Barometer Jatim – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa diminati kandidat Capres untuk dijadikan Cawapresnya di 2024. Selain Prabowo Subianto, PKS dan Nasdem menilai perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu cocok menjadi pendamping Anies Baswedan.

Tokoh Muda NU, KH Zahrul Azhar As'ad alias Gus Hans menilai, para kandidat Capres tersebut melirik Khofifah lebih pada Muslimatnya.

“Bukan karena Khofifahnya. Jadi tidak pada kapabilitas, tapi kapasitas dia sebagai Ketum Muslimat NU,” katanya, Selasa (7/3/2023).

“Dan ini pasti memberikan harapan bagi para kandidat Capres, untuk bisa membawa orang-orang Muslimat NU yang di lapangan sebenarnya tidak tahu siapa itu Khofifah,” tandasnya.

Tapi yang para kandidat Capres tahu, menurut Gus Hans, mungkin anggota Muslimat NU akan mendukung ketua umumnya untuk memgikuti kontestasi ini.

Hanya saja, Gus Hans melihat, apakah massa dan kiai yang dulu mendukung Khofifah di Pilgub Jatim 2018 juga mendukung Khofifah di trek Cawapres.

“Apakah mereka happy dengan posisi hanya sebagai Cawapres? Saya kira kok tidak ya, karena harapan mereka, mimpinya kan running di trek Capres,” katanya.

Soal hasil surveinya elektabilitas Khofifah rendah di trek Capres, menurut Gus Hans, mungkin publik atau responden melihat dari kinerja. Melihat performa ketika dia memimpin Jatim yang biasa-biasa  saja.

“Jadi mungkin lebih pas untuk di jabatan yang tidak memiliki wewenang tanda tangan untuk keputusan,” ucap Jubir Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018 tersebut.

Sebelumnya, usai resmi mendukung Anies Baswedan maju Capres di 2024, PKS dan Nasdem -- dua Parpol dalam Koalisi Perubahan -- menyebut Khofifah cocok menjadi Cawapresnya.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto bahkan sudah dua kali bertemu Khofifah dan melemparkan kode untuk meminang menjadi Cawapresnya.

"Kan sudah saya jawab, bahwa baliau salah satu tokoh yang mempunyai kemampuan di bidang di tingkat negara dan bangsa," kata Prabowo usai pertemuan empat mata dengan Khofifah di Restoran de Soematra 1910 Surabaya, Senin (13/2/2023) malam. "Tentunya banyak perkembangan yang harus kita bahas nanti. Ya, oke!” tandasnya.

Jadi Khofifah dipandang sebagai calon yang tepat untuk menjadi Cawapresnya di 2024? “Ha.. ha.. Jangan diarahkan dong!” sergah Prabowo sambil menunjukkan keramahannya pada awak media. Sementara Khofifah lagi menyambutnya dengan senyum sambil menempelkan tangan ke dadanya.{*}

» Baca Berita Pilpres 2024, Baca tulisan terukur Roy Hasibuan.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.