Relawan Teriakkan Presiden hingga Spanduk Dukungan, Halaman Masjid Al Akbar bak Arena Kampanye Anies Baswedan

| -
Relawan Teriakkan Presiden hingga Spanduk Dukungan, Halaman Masjid Al Akbar bak Arena Kampanye Anies Baswedan
ANIES PRESIDEN: Relawan Anies panjat pagar Masjid Al Akbar bentangkan spanduk dukungan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA, Barometer Jatim – Jumat (17/3/2023) siang, halaman Masjid Al Akbar Surabaya bak arena kampanye Anies Baswedan, bakal Capres 2024 yang diusung Koalisi Perubahan -- Partai Nasdem, PKS, dan Partai Demokrat.

Dari pantauan Barometer Jatim, begitu Anies turun dari masjid usai menunaikan shalat Jumat, pendukungnya dari berbagai kabupaten/kota di Jatim yang memadati halaman sisi pintu utama tak henti-hentinya meneriakkan “Anies Presiden!”.

Tak hanya itu, salah seorang relawan bahkan nekat memanjat pagar Masjid Al Akbar sembari membentangkan spanduk bertulisakan Relawan Jarnas Anies Baswedan DPC Brondong Lamongan.

Dari atas pagar, relawan tersebut membentangkan spanduk sambil penuh semangat meneriakkan “Anies Presiden”. Teriakannya semakin kencang saat Anies yang mantan Gubernur DKI Jakarta berjalan melintas di bawahnya.

Melihat pemandangan tak sedap, sampai-sampai Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya dari Partai Nasdem , Imam Syafi'i meminta relawan tersebut untuk turun dari atas pagar.

“Turun! Ayo turun! Ini masjid, ayo turun,” teriaknya. Setelah beberapa kali diteriaki Imam, relawan pembentang spanduk akhirnya melompat turun. Sementara Anies terus berjalan menuju Sentra Wisata Kuliner (SWK) Gayungan yang letaknya persis di depan Masjid Al Akbar untuk makan siang dan menemui pendukungnya.

Di sisi lain, beredar SMS blast dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait kegiatan politik Anies di Masjid Al Akbar. Dalam SMS blast berisi pesan "Surat Bawaslu Jatim 123/PM.00.02/K.JI-38/03/2023 Tgl 13 Maret 2023 Melarang Masjid Al Akbar untuk politik Anies Baswedan yang melanggar aturan Pemilu". SMS diterima sejumlah warga saat Anies berkunjung ke Masjid Al Akbar pukul 12.45 WIB.

Menanggapi SMS blast Bawaslu, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW Partai Nasdem Jatim, Vinsensius Awey membantah Anies telah melakukan kegiatan politik atau kampanye di Masjid Al Akbar.

“Semula sudah saya katakan, bahwa kunjungan Anies ke Surabaya dan beberapa daerah di Jatim bukanlah  merupakan aktivitas kampanye,” katanya.

“Jelas ini bukan kampanye. Akan tetapi sebagai sapaan hangat dari salah satu putra terbaik bangsa kepada masyarakat kota Surabaya. Apa yang salah?” tandas Awey.{*}

» Baca Berita Pilpres 2024, Baca tulisan terukur Roy Hasibuan.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.