Kiai Asep Tawarkan Khofifah Jadi Cawapresnya Prabowo, Survei: Warga Jatim Ingin Erick Thohir!

| -
Kiai Asep Tawarkan Khofifah Jadi Cawapresnya Prabowo, Survei: Warga Jatim Ingin Erick Thohir!
INGIN CAWAPRES: Kiai Asep yakin Prabowo menang kalau Cawapresnya Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometer Jatim – Sabtu malam, 5 Agustus 2023, saat menghadiri konsolidasi Bacaleg Partai Gerindra Kabupaten dan Kota Mojokerto di Rumah Makan Den-Bei Mojokerto, Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, KH Asep Saifuddin Chalim menawarkan Khofifah Indar Parawansa menjadi Cawapresnya Prabowo Subianto di 2024.

Bagi Kiai Asep yang merupakan pendukung utama Khofifah di Pilgub Jatim 2018, Prabowo bisa menjadi Presiden ke-8 RI kalau Cawapresnya Gubernur Jatim yang juga Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

“Hanya dua dalam bayangkan saya kalau beliau akan menncalonkan. Satu, dengan Bu Khofifah (Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa). Nomor dua dengan Gibran (Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka),” kata Kiai Asep.

| Baca juga:

Namun untuk Gibran yang juga anak dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kiai Asep masih meragukan mengingat soal batas usia maju di Pilpres sedang ‘dipertengkarkan’ di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, resistensinya berat kalau jadi.

Karena itu, Kiai Asep memprediksi, Prabowo bisa menang telak, bahkan cukup satu putaran jika Cawapres yang mendampingi adalah Khofifah.

“Saya selalu bisa memprediksikan dengan siapa kalau beliau bisa menang. Saya yakin seyakin-yakinnya beliau akan menang semenang-menangnya, ketika Cawapresya adalah Ibu Khoififah,” katanya, sembari menambahkan siap kampanye hingga ke luar negeri jika Prabowo berpasangan dengan Khofifah.

Elektabilitas Khofifah Rendah

INGIN KHOIFIAH CAWAPRES: Kiai Asep yakin Prabowo menang kalau Cawapresnya Khofifah. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

Namun harapan Kiai Asep sepertinya agak jauh, karena di level Jatim saja elektabilitas Khofifah tertinggal tebal dari kandidat lain untuk menjadi Cawapres pendamping Prabowo.

Dalam survei Surabaya Research Syndicate (SRS) yang dilakukan pada 2-11 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota se-Jatim, mayoritas warga Jatim lebih menginginkan Erick Thohir ketimbang Khofifah.

Menteri BUMN itu memuncaki elektabilitas dengan keterpilihan 20,3%, “Disusul Mahfud MD 14,6%, Gibran 13,2%, Khofifah 10,5%, Muhaimin 8,7%, Airlangga 4,3%, AHY 4,2%, Ridwan Kamil 3,9%, Sandiaga 3,2%, dan undecided 17,1%,” terang Direktur Riset SRS, Edwin Abdul dalam paparan hasil survei lembaganya via zoom, Selasa (15/8/2023).

Survei SRS mengambil jumlah responden sebanyak 1.000 orang. Metode penarikan sample dilakukan lewat multistage random sampling dengan margin of error 3,1% pada tingkat kepercayaan 95%.

| Baca juga:

Tak hanya SRS, dalam survei Surabaya Survey Center (SSC) yang digelar pada 25 Juli hingga 3 Agustus 2023 di 38 kabupaten/kota se-Jatim, untuk kandidat Cawapres mayoritas warga Jatim justru memilih Ketua DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 15,2%.

“Kemudian Erick Thohir 15,0%, Mahfud MD 14,7%, Sandiaga Uno 8,8%, Ridwan Kamil 8,5%, Khofifah Indar Parawansa 7,5%, Gibran Rakabuming Raka 6,7%, Tri Rismaharini 5,5%, Muhaimin Iskandar 3,8%, dan Airlangga Hartarto 3,0%,” kata Direktur SSC, Mochtar W Oetomo.

Di bawah Airlangga, menyusul Andika Perkasa 2,5%, Gatot Nurmantyo 1,0%, Ahmad Heryawan 0,4%, dan Nasaruddin Umar 0,2%. Sedanngkan respondenn yang tidak tahu/tidak menjawab 7,2%.

Survei SSC mengambil 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of error kurang lebih 2,83% pada tingkat kepercayaan 95%. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.