Mulai 2024 Romokalisari Adventure Land dan KRM Tak Lagi Gratis! Nih Alasan Pemkot Surabaya

| -
Mulai 2024 Romokalisari Adventure Land dan KRM Tak Lagi Gratis! Nih Alasan Pemkot Surabaya
FAMILY TIME: Salah satu wahana di Romokalisari Adventure Land. | Foto: Barometerjatim.com/HPS

SURABAYA | Barometer Jatim – Mulai 2024, Romokalisari Adventure Land dan Kebun Raya Mangrove (KRM) tak lagi gratis, karena Pemkot Surabaya menerapkan retribusi tiket masuk kepada pengunjung. Lho, kenapa?

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, penerapan retribusi ini bertujuan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,  sekaligus untuk mengembangkan fasilitas dan wahana di kedua tempat wisata tersebut.

"Kami terapkan per 1 Januari 2024. Kemudian tentunya kami ke depan ada beberapa wahana yang kami kembangkan, salah satu faktornya itu," ujar Antiek, Rabu (3/1/2024).

| Baca juga:

Antiek menjelaskan, selain menjadi tempat wisata, Pemkot Surabaya juga menggunakan kedua destinasi tersebut sebagai pemberdayaan keluarga miskin (gamis).

"Di Adventure Land, kami masih menggunakan sebagian kegiatannya untuk pemberdayaan gamis, padat karya. Kalau yang di sana (KRM) hanya tiket masuk, wahananya tetap dikelola untuk kepentingan gamis," ujarnya.

Paket Khusus atau Terusan

PENUHI PERDA: Antiek Sugiharti, penerapan retribusi bertujuan untuk memenuhi ketentuan Perda. | Foto: Barometerjatim.com/HPS

Dari data DKPP Surabaya, besaran tarif masuk yang ditetapkan di KRM yakni Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak.

Kemudian di akhir pekan atau libur nasional, harga tiket KRM untuk dewasa Rp 15.000 per orang dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak. Sedangkan harga tiket khusus pelajar yang ditetapkan Rp 3.000 per orang.

Selain itu, DKPP juga menyediakan paket khusus atau terusan dengan tarif bervariasi di KRM. Informasi terkait besaran harga tiket dan jenis paket terusan bisa diakses secara lengkap melalui akun Instagram @dkppsurabaya.

Sementara untuk besaran tarif masuk yang ditetapkan di Romokalisari Adventure Land, pada hari biasa untuk usia dewasa Rp 10.000 per orang, untuk anak-anak Rp 5.000 per orang dan untuk pelajar Rp 3.000 per orang.

| Baca juga:

Sedangkan di akhir pekan atau hari libur nasional, tarif masuk Romokalisari Adventure Land untuk dewasa Rp 15.000 per orang dan untuk anak-anak Rp 5.000 per orang. Lalu harga tiket khusus pelajar yang ditetapkan Rp 3.000 per orang.

Antiek menambahkan, salah satu program DKPP untuk pengentasan gamis adalah dengan memberikan kegiatan yang meningkatkan pendapatan mereka. Sehingga gamis diharapkan bisa keluar dari garis kemiskinan.

Selain itu, dia juga menyatakan bahwa padat karya di Romokalisari Adventure Land dan KRM juga mendukung program Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dalam menyediakan lapangan pekerjaan.

"Jadi sama, kalau di Adventure Land ada pengembangan sesuai masterplan kami. Jadi secara bertahap akan kami tingkatkan. (Pengembangan) wahana mungkin sementara belum, tetapi lebih ke peningkatan fasilitas," jelas Antiek.{*}

| Baca berita Pemkot Surabaya. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.