Kursi Golkar di Jatim Melesat, Gus Hans: Bukan Efek Pilpres, Tapi Kepiawaian Sarmuji Pilih Caleg!

| -
Kursi Golkar di Jatim Melesat, Gus Hans: Bukan Efek Pilpres, Tapi Kepiawaian Sarmuji Pilih Caleg!
FAKTOR SARMUJI: Gus Hans (kanan) bersama Sarmuji, piawai pilih Caleg. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SURABAYA | Barometer Jatim – Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jatim, KH Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans memandang lonjakan kursi Partai Golkar di Jatim bukan buah cottail effect Pilpres, tapi lebih karena kepiawaian Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhamad Sarmuji dalam memilih Caleg.

“Partai-partai lain yang dianggap memiliki cottail effect, ternyata justru tidak begitu signifikan naiknya. Jadi saya kira ini faktor dari pola kepemimpinan Mas Ketua, Cak Sarmuji yang tidak hanya berpikir untuk dirinya sendiri,” kata Gus Hans dari Frankfurt, Jerman yang dihubungi Barometer Jatim via pesan Whatsapp, Senin (11/3/2024).

“Artinya ketika memilih Caleg pun, memilih yang betul-betul mumpuni dan tidak merasa takut disaingi. Sehingga dengan pola kepemimpinan tanpa beban ini membuat suara Golkar di Jatim bisa naik. Jadi faktor utama menurut saya, lebih kepada tepatnya memilih para Caleg,” sambungnya.

Hal itu dibuktikan dengan perjudian menempatkan Caleg dengan nama besar, yakni Heru Tjahjono (Bupati Tulungagung periode 2003-2013 dan Sekdaprov Jatim) di Dapil Sarmuji sendiri yakni Dapil Jatim VI.

PIAWAI: Sarmuji, gaya kepemimpinannya bikin suara Golkar di Jatim naik. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

Padahal Heru bisa menyaingi Sarmuji di internal Golkar, tapi hasilnya Partai Beringin justru bisa meraih dua kursi di Dapil Sarmuji.

Selebihnya, Gus Hans berharap lonjakan kursi Golkar di Jatim ini bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat, karena ujung-ujungnya apa yang diperjuangkan untuk masyarakat.

“Dan kepada teman-teman yang mendapatkan amanah dari masyarakat, semoga bisa menjalankannya dengan baik. Tetap mengingat apa yang telah dijanjikan, sehingga Golkar tetap dicintai masyarakat,” ujarnya.

Seperti diberitakan, perolehan kursi Golkar di Jatim naik di semua tingkatan legislatif. Mulai dari level DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, dan DPR RI.

Berdasarkan data dari DPD Golkar Jatim, pada Pileg 2024 ini potensi kursi Partai Beringin di 38 DPRD kabupaten/kota di Jawa Timur sebanyak 215. Angka itu meningkat 30 kursi atau hampir 17% dibanding Pileg 2019 yakni 185 kursi.

Lalu di tingkat provinsi, Golkar meraih 15 kursi DPRD Jatim dari total 14 Dapil. Angka itu mengalami kenaikan dibanding Pileg 2019 sebanyak 13 kursi.

Sedangkan di tingkat DPR RI, Golkar berhasil menambah dua kursi dari Dapil Jatim VI (Blitar, Kediri, Tulungagung) dan Dapil Jatim IX (Tuban-Bojonegoro). Total Golkar meraih 13 kursi DPR RI di Pileg 2024 dari Jatim, naik dua kursi dibanding Pileg 2019 sebanyak 11 kursi.{*}

| Baca berita Golkar. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.