Romokalisari Adventure Land Surabaya Jadi Jujukan Wisatawan, Pedagang Raup Rp 5 Juta Sehari!

| -
Romokalisari Adventure Land Surabaya Jadi Jujukan Wisatawan, Pedagang Raup Rp 5 Juta Sehari!
SERU: Asyiknya mengajak keluarga berwisata di Romokalisari Adventure Land Surabaya. | Foto: IST/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Romokalisari Adventure Land Surabaya menjadi pilihan berwisata selama libur lebaran. Tak hanya warga Surabaya, warga luar kota pun tertarik mengunjunginya. Alhasil, pedagang di kawasan tersebut dapat meraup omzet hingga Rp 5 juta sehari.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan, memasuki libur lebaran sejak 11 hingga 13 April pengunjung terus memadati Romokalisari Adventure Land.

“Saat puasa pengunjungnya agak sepi, begitu memasuki lebaran cukup ramai. Sejak tiga hari ini sudah mencapai sekitar 800 pengunjung. Per hari ini data masih bergerak, hari ini hingga besok pasti masih ramai karena besok juga masih libur,” katanya, Minggu (14/4/2024).

Antiek menjelaskan, tidak sedikit warga luar Surabaya berkunjung di tempat wisata yang merupakan bagian dari kegiatan pemberdayaan keluarga miskin (gamis) melalui program padat karya tersebut.

PETUALANG: Tak sedikit warga luar Surabaya yang berkunjung ke Romokalisari Adventure Land Surabaya. | Foto: IST/DOK

“Justru di Romokalisari sebagian besar dan mayoritas memang dari luar Surabaya. Hari biasa pun banyak dari luar Surabaya, seperti Gresik dan sekitarnya,” jelasnya.

Pada momentum lebaran kali ini, terangnya, wahana yang masih menjadi favorit pengunjung yakni naik perahu, ATV, dan kano. Meski demikian, area mini zoo juga dipadati pengunjung. Terlebih sejak memasuki Ramadhan, DKPP Surabaya tengah berbenah serta menyiapkan antisipasi kunjungan bagi para wisatawan.

“Di mini zoo kita benahi dan kita tata. Lalu kandang kuda dalam masa perbaikan karena kemarin kebanjiran, kuda sedang kita amankan karena kandangnya masih dalam proses perbaikan. Jadi memang untuk wahana naik kuda tutup sementara selama liburan lebaran ini,” ujarnya.

Terkait omzet pedagang, Antiek mengatakan terus melejit. Bahkan dalam sehari, tiap tenant dapat meraup Rp 3-5 juta selama libur lebaran ini.

“Justru yang masih menarik di sana lebih banyak pengunjung datang untuk makan. Kuliner masih menjadi favorit, jadi mereka datang tidak dalam rangka untuk naik wahana tapi untuk makan sambil melihat mini zoo. Masakan dan harga memang tidak bisa diragukan,” jelasnya.

Sedangkan soal tarif masuk, kata Antiek, terdapat perubahan dari semula Rp 10.000 per orang sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya No 7 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, turun menjadi Rp 5.000 per orang.

“Kemarin dari Perda itu, lalu disusul hasil kajian dengan Perwali bahwa tiket masuk semula Rp 10.000 kini menjadi Rp 5.000. Dengan demikian kami berharap semakin menarik minat pengunjung berwisata di Romokalisari Adventure Land,” ucapnya.{*}

| Baca berita Pemkot Surabaya. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.