Kompak! DPW dan 38 DPD PAN se-Jatim Dukung Zulkifli Hasan Jadi Ketum Periode Ketiga

| -
Kompak! DPW dan 38 DPD PAN se-Jatim Dukung Zulkifli Hasan Jadi Ketum Periode Ketiga
DUKUNGAN: Zulkifli Hasan dapat dukungan dari Jatim maju Ketum PAN lagi untuk periode ketiga. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Hasil jempolan yang diraih Partai Amanat Nasional (PAN) pada Pileg 2024, membuat kader di Jawa Timur kompak mendukung Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi ketua umum lagi untuk periode 2025-2030.

Surat dukungan dari DPW dan 38 DPD PAN se-Jatim disampaikan langsung kepada Zulhas saat acara Halal bi Halal dan Rakorwil Menuju Pilkada 2024 di Surabaya, Selasa (30/4/2024).

Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig menuturkan, dukungan tersebut diberikan karena PAN bawah kepemimpinan Zulhas menunjukkan progres yang semakin positif.

"Kita terkaget-kaget dengan dinamika Pemilu lalu. Kita merasa bahwa PAN di bawah Pak Zulhas, hasilnya secara nasional mendapat tambahan di 14 Dapil baru,” katanya.

Sayangnya, tandas Sadig, PAN kehilangan 10 Dapil yang ada petahananya. Yakni Dapil yang diisi senior partai, Waketum, dan orang yang sudah dua sampai tiga periode duduk di kursi legislatif. Mungkin hal ini yang kurang diperhatikan Zulhas, sehingga kemudian justru hilang.

  • KURSI DPR RI HASIL PILEG 2024: PDIP (16,72%/110 kursi), Golkar (15,28%/102), Gerindra (13,22%/86), PKB (10,61%/68), Nasdem (9,65%/70), PKS (8,42%/53), Demokrat (7,43%/42), dan PAN (7,23%/49). Sedangkan PPP tidak lolos karena hanya memperoleh 3,87% atau tidak lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4%.

Karena itu, menurut Sadig, dengan kerja Zulhas yang bisa menambah 14 kursi di Dapil baru dan pengalaman yang ada, maka seluruh Dapil harus diperhatikan.

“Kami berharap pada Pemilu yang akan datang, Pak Zulhas pasti punya pengalaman lebih komprehensif untuk mempersiapkan PAN di Pemilu 2029 daripada kita harus mencoba-coba lagi nahkoda baru," ucapnya.

Sadig pun menegaskan, bahwa seluruh kader PAN di Jatim mulai di tingkat DPW provinsi, DPD 38 kabupaten/kota, hingga badan otonom partai sepakat meminta Zulhas maju kembali sebagai Ketum PAN 2025-2030.

Selebihnya, Sadig lebih detail membeberkan alasannya mengapa Zulhas harus dipilih menjadi ketua umum lagi.

"PAN Jatim merasa kepemimpinan Pak Zulhas berhasil dan ini pertama kalinya PAN secara nasional mendapat 7 persen lebih. Sebelumnya kan PAN 6 persenan, sekarang 7 persen. Daripada coba-coba lagi," katanya.

Selain itu, ini Pemilu pertama kali PAN tidak bersama-sama dengan Amien Rais. Artinya, PAN pertama kali berusaha menjadi dirinya sendiri, kerja kader secara kolektif, kerja maksimal, ditambah situasi politik yang 'mengerikan' kemarin.

“Alhamdullilah PAN bisa survive di bawah kepemimpinan Zulhas. Itu pertimbangan kita untuk memohon beliau bersedia dicalonkan kembali untuk periode ketiga," ujar anggota DPR RI dari Dapil Jatim VI itu.

"Fix, DPD PAN se-Jatim ada 38, kemudian DPW Jatim, badan otonom, semua bulat memohon kesediaan beliau untuk memimpin PAN dalam periode ketiganya. Tergantung ke beliau sendiri dan DPW lainnya," tandas Sadiq yang kembali terpilih menjadi anggota DPR RI untuk periode 2024-2029.{*}

| Baca berita Pemilu 2024. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.