Haji Masnuh: Mau Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024? Mbok Mikir Dulu!

| -
Haji Masnuh: Mau Lawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024? Mbok Mikir Dulu!
TETAP KHOFIFAH-EMIL: Haji Masnuh, tetap dukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SURABAYA | Barometer Jatim – Duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak dipandang bakal mudah memenangi pertarungan di Pilgub Jatim 2024. Bahkan jika ada sosok yang berniat maju melawan incumbent, sebaiknnya berpikir dulu sebelum benar-benar menceburkan diri ke dalam kontestasi.

Pandangan itu dilontarkan Eks Timses Khofifah-Emil di Pilgub Jatim, Haji Masnuh. “Mbok mikir dulu! Mbok mikir dulu, gitu lho,” katanya pada Barometer Jatim, Selasa (28/5/2024).

Kenapa calon lawan harus mikir berulang kali? Alasan Masnuh, pertama, kekuatan Khofifah makin luar biasa setelah menjadi guberur dalam satu periode dalam situasi yang baik.

“Terus yang kedua, Khofifah itu masih punya kekuatan yang sampai saat ini dengan Muslimat-nya masih utuh, sama sekali tidak berkurang. Apalagi didukung dengan, boleh dikatakan kawula muda lah, arek-arek Fatayat,” katanya.

Terlebih dukungan dari ibu-ibu, lanjut Masnuh, selalu masif. Dia mengatakan demikian, karena masih sering turun ke masyarakat bawah terutama di simpul-simpul Kabupaten Sidoarjo yang di Pilgub Jatim 2018 lalu menjadi daerah pertempuran yang dimenangkannya.

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Rekom Khofifah-Emil: Demokrat (11 kursi), Golkar (15), PPP (4), Perindo (nonkursi). Rekom Khofifah: Gerindra (21), PAN (5). Siap Dukung Khofifah: PDIP (21). Belum Tentukan Calon: PKB (27), Nasdem (10), PKS (5), PSI (1)

Sakadar tahu, Masnuh merupakan Ketua Timses Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018 untuk wilayah Sidoarjo. Dia berperan besar mengantarkan Khofifah-Emil menang 477.746 suara (55,87%) dari total 855.059 suara sah di basis PKB tersebut atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur yang hanya meraih 377.313 suara (44,13%).

“Saya melihat (masyarakat) masih mengharapkan Khofifah dengan Emil. Walaupun, umpamanya tanpa partai pengusung yang dulu, tetap jauh lebih kuat,” katanya.

Apalagi secara partai, saat ini Khofifah didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, yakni Gerindra (21 kursi), Golkar (15 kursi), Demokrat (11 kursi), da PAN (5 kursi). Belakangan PPP (4 kursi) dan Perindo (nonkursi) juga memberikan rekomendasinya.

“Itu sudah cukup kuat. Kalau dimungkinkan ada partai lain yang mau mencalonkan, siapa calonnya yang populer? Engak sekadar kuat ya, yang populer di masyarakat itu siapa?” kata Masnuh.

“Dan ini saya tangkap, bahwa untuk ke depan Bu Khofifah ini wakilnya masih Mas Emil, saya yakin siapa pun calon yang akan dimunculkan partai-partai yang lain itu enggak ada artinya. Berat! Disamping kerja samanya bagus antara gubernur dan wakilnya, artinya duetnya baik” tegasnya.

Mantan Bendahara Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu juga mengharapkan untuk periode kedua Khofifah-Emil nanti Jatim lebih ke depan, lebih maju, sekaligus untuk persiapan yang akan datang. Soal nanti siapa penerusnya, silakan siapa saja.

Jadi tetap mendukung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024? “Pasti! Wis gak tolah-toleh (tidak tengok sana-sini lagi,” pungkasnya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi  | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.