Kharisma Febriansyah Hanya 'Berisik' di Baliho, Rekom Paket Gerindra Tetap ke Khofifah-Emil!

| -
Kharisma Febriansyah Hanya 'Berisik' di Baliho, Rekom Paket Gerindra Tetap ke Khofifah-Emil!
REKOM PAKET: Khofifah tundukkan badan dalam-dalam pada Prabowo usai terima rekom paket dari Gerindra. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Meski ramai baliho Khofifah Indar Parawansa digandengkan dengan Kharisma Febriansyah, DPP Partai Gerindra tetap memberikan rekomendasi paket untuk Khofifah-Emil Elestianto Dardak maju Pilgub Jatim 2024.

Rekomendasi diserahkan langsung oleh Ketua Umum Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto di kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Tampak hadir Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad.

"Kami dari Gerindra memutuskan untuk mengusung, mencalonkan, dan mendukung Ibu Khofifah dan Pak Emil Dardak sebagai gubernur-wakil gubernur Jatim untuk periode lima tahun yang akan datang dalam pemilihan November tahun ini," kata Prabowo usai bertemu Khofifah-Emil.

Dia juga menekankan, seluruh kekuatan Gerindra dan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan bekerja keras untuk menyukseskan Khofifah-Emil.

“Karena mereka sudah terbukti kinerjanya, prestasinya membanggakan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Jawa Timur,” nilai Prabowo.

“Dan kita perlu mereka untuk akselerasi mempercepat kemajuan Jawa Timur, sebagai salah satu provinsi kunci di Republik Indonesia,” sambungnya.

RAMAI DI BALIHO: Baliho Khofifah-Kharisma sempat bermunculan di sejumlah daerah di Jatim. | Foto: IST

Usai mendapatkan dukungan dari Gerindra, Khofifah menyatakan kesiapannya untuk bertarung di Pilgub Jatim 2024.

“Kami menyampaikan terima kasih, bahwa kepercayaan mandat yang dipercayakan kepada kami, saya dan Mas Emil Dardak, insyaallah kami siap bekerja keras dan mudah-mudahan berseiring ridha Allah kami bisa memenangkan proses Pilgub Jatim 2024,” katanya.

Sebelumnya, Emil terus digoyang baliho Khofifah yang digandengkan dengan Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Kharisma Febriansyah. Baliho terpasang di banyak daerah di Jatim, termasuk di wilayah Mataraman dan Pantura.

Beragam spekulasi pun bermunculan, terlebih Gerindra tak kunjung memberikan rekomendasi paket untuk Khofifah-Emil.

Sudah begitu, Wakil Bendahara DPD Partai Gerindra Jatim, Dicanatta Santari membenarkan kalau pemasangan baliho tersebut merupakan inisiatif kader di tingkat grass-roots.

"Memang ada aspirasi besar dari akar kader rumput, agar Gerindra mencalonkan Kharisma sebagai Cawagub Jatim mendampingi Khofifah," kata pria yang akrab disapa Dican tersebut, Selasa (28/5/2024).

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Pendukung Khofifah-Emil : Gerindra (21 kursi), Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), PSI (1 kursi)
    Belum Tentukan Dukungan : PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), Nasdem (10 kursi), dan PKS (5 kursi)

Di sisi lain, goyangan terhadap Emil juga terus dilakukan PDIP lewat Ketua DPP PDIP Jatim, Said Abdullah yang meminta Khofifah menggandeng kader Banteng di Pilgub Jatim 2024.

"Kami akan mendorong kader kami, agar bisa mendapat tempat sebagai orang kedua," kata Said di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Namun Gerindra menjawab seluruh spekulasi dan goyangan yang ada dengan memberikan rekomendasi paket ke Khofifah-Emil.

Dengan rekomendasi paket Gerindra yang memiliki 21 kursi di DPRD Jatim hasil Pileg 2024, maka Khofifah-Emil sudah mengantongi 57 kursi untuk maju di Pilgub Jatim 2024. Sebelumnya rekomendasi paket juga diberikan Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), dan PSI (1 kursi).

Soal siapa calon yang akan melawan duet petahana tersebut belum jelas, karena hingga kini belum nongol.

Namun masih ada total 63 kursi yang belum menentukan calon, rinciannya PKB (27 kursi), PDIP (21 kursi), Nasdem (10 kursi), dan PKS (5 kursi). Sedangkan syarat mengusung pasangan calon yakni minimal 24 kursi (20%) dari total 120 kursi di DPRD Jatim.{*)

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.