Awali Safari Pesantren Sosialisasikan Ganjar, HISNU Sowan ke Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan

| -
Awali Safari Pesantren Sosialisasikan Ganjar, HISNU Sowan ke Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan
SAFARI PESANTREN: HISNU gelar Safari Pesantren sosialisasikan Ganjar Pranowo. | Foto: Barometerjatim.com/IST

BANGKALAN, Barometer Jatim – Mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan, Himpunan Santri Nusantara (HISNU) menggelar Safari Pesantren sekaligus untuk menyosialisasikan kandidat Capres 2024 Ganjar Pranowo.

“Safari Pesantren pertama dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Syaichona Cholil Bangkalan, ditemui KH Fachrudin Abdullah Aschal. Di sana kita menyampaikan terkait program-program dan keberhasilan Pak Ganjar,” kata Koordinator Nasional HISNU, Gus Yusub Hidayat, Kamis (30/3/2023).

Selain menyosialisasikan Ganjar, lanjut Yusub, juga untuk ngalap berkah di Bulan Suci Ramadhan. “Untuk menguatkan pesantren dan santri yang ada di luar pesantren, termasuk membangun reuni agar tak terputus,” jelasnnya.

Di akhir silaturahmi, kata Yusub, Kiai Fachrudin mendoakan Ganjar Pranowo agar dikabulkan hajatnya. “Juga mudah-mudahan HISNU diberi kemudahan dalam memperjuangan Pak Ganjar dan terkabul,” ucapnya, sembari menandaskan safari akan berlanjut ke Ponpes At Tauhid Sidosermo Surabaya.

Yusub menambahkan, kegiatan lain yang dilakukan HISNU di Bulan Suci yakni “Cavassing Ramadhan” lewat sejumlah kegiatan di antaranya pasar murah, bazar UMKM, dan kreasi santri.

“Untuk pasar murah, kita siapkan di setiap provinsi tidak lebih dari 10 ribu paket untuk membantu masyarakat di lingkungan terdekat pesantren,” kata Yusub.

“Jadi kita lakukan filantropi, kita aja kawan-kawan, yang aghniya-aghniya (orang kaya) itu, agar bisa menginfakkan sebagian rezekinya untuk mendukung kegiatan ini,” sambungnya.

Sebelumnya, HISNU juga turut menjaga tradisi nyekar dalam menyambut Ramadhan bertajuk “Santri Indonesia Nyekar” ke sejumlah makam kiai pendiri dan pejuang Nahdlatul Ulama (NU).

Ziarah dilakukan HISNU secara serentak se-Indonesia. Mulai dari makam KH Abbas Buntet Cirebon, KH Ilyas Rukiyat, KH Sholeh Darat, KH Ridwan Abdullah hingga Tebuireng Jombang.

“Kegiatan ini juga menapaktilasi perjuangan para pendahulu yang berjasa besar bagi bangsa dan negara, khususnya NU,” kata Yusub.{*}

» Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Abdillah HR

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.