Kolonel Marinir Muhammad Rizal Resmi Jadi Ketum Shoto-Kai Marinir Pasmar 2

| -
Kolonel Marinir Muhammad Rizal Resmi Jadi Ketum Shoto-Kai Marinir Pasmar 2
PERESMIAN: Kolonel Marinir Muhammad Rizal resmi Ketum Shoto-Kai Marinir Pasmar 2 periode 2023-2027. | Foto: IST

SURABAYA, Barometer Jatim – Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir, Kolonel Marinir Muhammad Rizal terpilih menjadi Ketua Umum Shoto-Kai Marinir Pasmar 2 periode 2023-2027 yang diresmikan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Shoto-Kai sekaligus Presiden Shoto-Kai (Soke) Fransiscus Fernando.

Peresmian dilakukan bersamaan dengan pengesahan Ketua Umum dan Cabang Khusus Shoto-Kai Marinir Pasmar 2, Cabang Kabupaten dan Kota Pengprov Wilayah Jatim  di Lapangan Apel Mako Menkav 2 Mar Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya, Senin (27/3/2023).

Turut menghadiri peresmian yakni Ketua Umum PB Shoto-Kai (Kaicho) Daniel Kusnandi, Ketua Yayasan (Kancho) Robert dan Sekjen PB Shoto-Kai Martin, Ketua Dewan Guru PB Shoto-Kai Sihan Haryanto,  serta Ketua Pengprov Shoto-Kai Jatim Martin.

Acara diawali dengan tradisi karate, berupa pembacaan surat keputusan dilanjutkan dengan penyematan sabuk kehormatan kepada Ketua Umum Cabang Khusus Shoto-Kai Marinir Pasmar 2, Ketua umum Pengprov Shoto-Kai Jatim, Pengurus Cabang  Shoto-Kai Kabupaten dan Kota, sekaligus latihan bersama (ghasuku). Selain itu,  dilakukan penyerahan sertifikat dan sabuk kehormatan pada Dansatlak Brigif 2 Mar dan Dansatlak Menkav 2 Mar.

Dilanjutkan dengan penyerahan Bendera Cabang dari Pengurus Besar Shoto-Kai kepada Pengcabsus Marinir Pasmar 2, Pengprov Jatim, Pangcab Gresik, Pangcab Sidoarjo, Pangcab Mojokerto, Pangcab Kabupaten dan Kota Malang, Pangcab Blitar, Pangcab Situbondo, Pangcab Bondowoso, dan Pangcab Jember.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Shoto- Kai (Soke) Fransiscus Fernando menyampaikan, setelah diresmikannya cabang khusus ini maka para anggota karateka Marinir sudah bisa memakai atribut Shoto-Kai dan melakukan latihan.

"Cabang khusus Marinir ini untuk mempersiapkan generasi muda menjadi generasi penerus yang sudah pasti lebih tangguh," terangnya.

Dijelaskan Fransiscus, sebagai anggota Marinir pasti akan lebih hebat, karena memiliki daya juang yang tangguh untuk meningkatkan motivasi, prestasi, serta patuh pada sumpah karate maupun sumpah prajurit.

“Penguasaan teknik karate tidak jauh dari perguruan yang lain. Karena itu, kita harus percaya dan bangga menjadi shoto-kai dengan motivasi tiada hari tanpa latihan,” pungkasnya.{*}

» Baca Berita TNI AL, Baca tulisan terukur Syaikhul Hadi.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.