Elektabilitas Prabowo Babat Ganjar dan Anies, Anwar Sadad: Publik Jatim Cerdas, Tahu Sosok yang Pantas Dipilih!

| -
Elektabilitas Prabowo Babat Ganjar dan Anies, Anwar Sadad: Publik Jatim Cerdas, Tahu Sosok yang Pantas Dipilih!
MEROKET DI JATIM: Anwar Sadad dampingi Prabowo setiap berkunjung ke Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometer Jatim – Elektabilitas bakal Capres dari Partai Gerinndra, Prabowo Subianto membabat Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Jatim versi hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Menanggapi hasil survei ARCI, Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad bersyukur elektabilitas Prabowo bertengger di puncak. “Hasil ini menandakan publik cerdas memaknai kombinasi antara perjumpaan fisik dan pertemuan visi,” katanya, Selasa (18/7/2023) malam.

Menurut keluarga Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad tersebut, Prabowo boleh disebut jarang berkunjung ke Jatim. Tapi kunjungannya sekalipun jarang, mungkin menorehkan kesan lebih menancap.

“Lebih menanamkan keyakinan kepada pemilih, sebagai sosok yang pantas untuk dipilih. Pertemuan-pertemuan maupun kunjungan-kunjungan Pak Prabowo menjadi berkualitas,  karena ada pertukaran gagasan dengan elemen strategis masyarakat Jatim, terutama tokoh-tokoh ulama panutan,” katanya.

| Baca juga:

Di samping itu, tandas Sadad yang doktor bidang Politik islam, tak dipungkiri endorsement dari Presiden Jokowi cukup memberikan sokongan yang kuat pada elektabilitas Prabowo.

"Di belakang Presiden Jokowi ini ada 90 persen rakyat Indonesia yang menyatakan puas dengan kinerjanya, dan harus diingat bahwa Pak Prabowo bagian dari tim Pak Jokowi dalam pemerintahan," tandasnya.

Namun jauh lebih penting dari semuanya, hasil survei tak boleh membuat terlena. “Saya mengimbau para kader untuk terus berkampanye secara positif, menjauhi negative campaign apalagi black campaign,” ucapnya.

Wakil Ketua DPRD Jatim itu juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus Gerindra se-Jatim, anggota DPRD, para kader, yang berkampanye simpatik dengan mengadakan aksi nyata berupa kegiatan sosial di masyarakat.

| Baca juga:

Sebelumnya, ARCI memaparkan hasil survei tiga nama bakal Capres 2024 di Jatim. Dalam simulasi tiga nama, Prabowo memuncaki elektabilitas dengan angka 33,7%, disusul Ganjar 30,5% dan Anies 23,3%. "Tren Prabowo terus meningkat di Jatim," kata Direktur ARCI, Baihaki Siratj.

Pada akhir 2022, paparnya, elektabilitas masih di angka 21,9% kini sudah 33,7%. Ganjar dan Anies juga mengalami kenaikan namun tidak setinggi Prabowo. Ganjar pada akhir 2022 di angka 20,1% kini menjadi 30,5%. Sedangkan Anies dari 16,7% menjadi 23,3%.

Survei ARCI dilakukan pada 4 Juli-15 Juli 2023, menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.250 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Margin of error survei 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.