30 Menit Gembleng Generasi Muda NU, Ketua Gerindra Jatim Gus Sadad Bedah 'Spirit Sarung Kiai'

| -
30 Menit Gembleng Generasi Muda NU, Ketua Gerindra Jatim Gus Sadad Bedah 'Spirit Sarung Kiai'
GENERASI NU: Ketua Gerindra Jatim, Anwar Sadad beri arahan dalam Rakerda GMNU Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SIDOARJO, Barometer Jatim – Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad (Gus Sadad) hadir memberikan pengarahan dalam Rapat Kerja Daerah Generasi Muda Nahdlatul Ulama (GMNU) Jatim di Graha Delta Kantor Pemkab Sidoarjo, Kamis (20/7/2023).

Sadad yang juga penasihat GMNU Jatim, dalam arahannya menekankan agar GMNU mengambil spirit perjuangan NU. "Tangkap spiritnya, bukan abunya!" ucap Sadad menirukan diksi Bung Karno, Presiden pertama RI.

Menurut Sadad, 'gocean' sarung kiai jangan dimaknai memakai sarung secara harfiah, tapi lebih pada spirit perjuangan kiai.

Sedangkan spirit perjuangan kiai-kiai NU terangkum dalam empat kata: Tawasuth, tasamuh, tawazun, ta'adul. Keempat hal itu didasarkan pada referensi teks agama yang bersifat primer, yaitu al Qur'an.

| Baca juga:

"Tawasuth maknanya moderat, maka dengan prinsip ini menjauhkan kita dari cara pandang ekstrem di satu sisi dan liberal di sisi lain," tuturnya.

Dalam pemaparan sekitar 30 menit itu, Sadad yang juga doktor ilmu Politik Islam UIN Sunan Ampel menegaskan bahwa prinsip-prinsip itulah yang akan membawa GMNU pada garis yang dituju oleh NU, yakni mewujudkan sebaik-baiknya umat yang tergambar dalam mabadi khaira ummah.

"Akan tetapi pendekatan yang dilakukan oleh GMNU harus dengan style anak muda, harus berani melawan risiko salah, karena ini akan membawa kita menemukan cara terbaik secara kreatif," katanya.

Anak muda, tandas Sadad, punya ciri khas, yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, kreatif, kolaborarif, komunikatif. “Karena itu, anak muda tidak boleh kehilangan ciri khas ini,” pungkas politikus yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim itu.{*}

| Baca berita Gerindra Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.