Buka Pameran Museum dan Keris, Bupati Fauzi: Kita Punya Tanggung Jawab Lestarikan Budaya Leluhur!

| -
Buka Pameran Museum dan Keris, Bupati Fauzi: Kita Punya Tanggung Jawab Lestarikan Budaya Leluhur!
WARISAN LELUHUR: Bupati Sumenep, Achmad Fauzi melihat beragam keris yang dipamerkan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

MADURA, Barometer Jatim – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo membuka Pameran Museum, Keris dan Akik, Bonsai dan Ukir, yang berlangsung di area Pendopo Keraton Sumenep mulai hari ini hingga Minggu (27/8/2023). Pameran ini menjadi cara untuk menjaga dan melestarikan budaya leluhur.

"Secara pribadi juga pemerintah daerah, kita punya tanggung jawab untuk terus menjaga dan melestarikan budaya leluhur. Karenanya, pameran ini menjadi bagian dari upaya melestarikan warisan leluhur," kata Fauzi saat membuka pameran, Kamis (24/8/2023).

Fauzi menerangkan, pameran ini diikuti beragam paguyuban dan komunitas dari Madura. Pameran museum, misalnya, diikuti tiga museum yakni Museum Keraton Kabupaten Sumenep, Museum Mandilaras dari Pamekasan, dan Museum Cakraningrat dari Kabupaten Bangkalan.

"Lalu pameran keris diikuti 50 paguyuban dari berbagai daerah di Indonesia, serta paguyuban dan komunitas pencinta akik, bonsar, dan ukir" jelasnya.

| Baca juga:

Karena itu, Fauzi mengajak seluruh masyarakat bukan hanya di Sumenep, melainkan Madura dan Jawa Timur, untuk sama-sama memeriahkan dan menghadiri kegiatan pameran ini sebagai cara untuk terus melestarikan warisan leluhur.

Fauzi menambahkan, pameran juga melibatkan mayoritas siswa sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas. Hal itu dimaksudkan agar generasi penerus bisa mengenal hingga akhirnya tertarik dalam menjaga warisan leluhur.

"Kita tidak akan bisa sayang jika belum kenal. Maka itu, ini jadi ajang untuk generasi penerus bisa kenal dengan warisan leluhur, hingga akhirnya jatuh cita dan ikut melestarikan," ucap Fauzi.{*}

| Baca berita Sumenep. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.