Akhirnya Khofifah Dukung Prabowo-Gibran, Gus Hans: Lumayan Nambah-nambah 1% Suara!

| -
Akhirnya Khofifah Dukung Prabowo-Gibran, Gus Hans: Lumayan Nambah-nambah 1% Suara!
JAGA NUSANTARA: Gus Hans bersama Gibran Rakabuming Raka tatap menang satu putaran. | Foto: Barometer Jatim/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa akhirnya secara terbuka mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Salah satu elemen pendukung Capres-Cawapres nomor urut 2 tersebut, Jaringan Gawagis (Jaga) Nusantara menyambut terbuka dukungan gubernur yang juga Ketua Umum Muslimat NU sejak 2000 atau 23 tahun itu.

“Prinsipnya sih kita terbuka ya dengan siapa pun yang mau membantu dalam proses pemenangan ini, baik dari semua elemen dan juga orang per orang,” kata Ketua Umum Jaga Nusantara, KH Zahrul Azhar As’ad, Rabu (10/1/2024).

| Baca juga:

“Kalau misalnya memang sudah memiliki pemikiran yang sama dan juga langkah derap yang sama, ya silakan dengan tangan terbuka sih pasti akan diterima ya,” sambung kiai muda Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang yang akrab disapa Gus Hans tersebut.

Namun, tandasnya, ada yang menjadi sedikit pertanyaan kenapa tidak dari dulu melakukan proses ini seperti halnya yang dilakukan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

“Kan bisa saja cuti pada saat kampanye dan juga masuk lagi. Kan tidak ada aturan yang dilanggar, karena semua sudah diatur oleh KPU. Nah kenapa baru sekarang?” ucapnya.

Gus Hans menduga, langkah tersebut baru diambil Khofifah lantaran masih menunggu hasil survei, mana yang kira-kira kelihatan tampak untuk mendekati kemenangan dan kemudian dia masuk.

| Baca juga:

“Itu menurut saya wajar ya sebagai politisi, dan ini juga menunjukkan kepada publik bahwa memang potensi suara Pak Prabowo dan Mas Gibran memang leading. Sehingga banyak sekali orang-orang yang menyusul untuk bisa declare membantu pemenangan 02,” ujarnya.

Apakah bergabungnya Khofifah akan memberi tambahan perolehan suara yang signifikan bagi Prabowo-Gibran?

“Di survei kita sih hanya kurang sedikitnya 4,5 persen lagi untuk mencapai satu putaran ya. Dengan masuknya berbagai elemen, saya kira mudah-mudahan bisa nyumbang suara lah gitu, untuk bisa turut menebalkan. Lumayan kan nambah-nambah 1 persen, kan ya lumayan,” katanya.

Siap Jadi Jurkamnas

Sebelumnya, setelah sekian waktu bungkam soal arah dukungan di Pilpres 2024 dan coblosan tinggal 34 hari lagi, Khofifah akhirnya terang-terangan mendukung Prabowo-Gibran.

“Sesuai janji saya, bahwa Januari awal saya kan umroh. Sepulang umroh, saya akan menyampaikan posisi dukungan dan saya mendukung paslon nomor 2. Saya siap menjadi Jurkamnas, saya siap masuk TKN (Tim Kampanye Nasional),” ujarnya di ruang VVIP Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Khofifah bahkan sudah mengontak Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid dan menyatakaan kesiapannya masuk TKN.

“Tidak di dalam keketuaan eksekutif gitu. Jadi kan ada pembina, pengarah, penasihat, saya bilang silakan saya dimasukkan di dalam tim dan kemudian silakan disampaikan revisi ke KPU pusat. Silakan saya dimasukkan sebagai Jurkamnas,” ujarnya.{*}  

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.