Hari Ini Coblosan, Cucu Pendiri NU Yakin 2 Putaran dan Anies-Muhaimin Lolos!

| -
Hari Ini Coblosan, Cucu Pendiri NU Yakin 2 Putaran dan Anies-Muhaimin Lolos!
PILPRES 2 PUTARAN: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar diyakini bakal lolos ke putaran kedua. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Setelah tiga hari masa tenang, tibalah Rabu (14/2/2024) hari ini coblosan. Akankah Parabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangi pertarungan Pilpres 2024 sekali putaran sesuai hasil survei?

Mayoritas lembaga survei memang mengunggulkan Paslon nomor 2 tersebut, bahkan di atas 50% alias menang sekali putaran. Namun Presiden Laskar Santri Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, KH Abdus Salam Shohib alias Gus Salam berpendapat lain.

“Kalau upaya-upaya untuk mengopinikan satu putaran itu kan sudah terjadi cukup lama. Tugas kita bekerja, meyakinkan masyarakat dan kita melihat sambutan yang begitu hebat,” kata cucu salah satu kiai pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri tersebut, Selasa (13/2/2024).

“Apalagi kemarin di JIS (Jakarta International Stadium) itu ndak terbantahkan, bagaimana semangat para peserta (kampanye) yang ada di situ. Inisiatif pribadi, biaya sendiri, saya kita itu jauh lebih presisi daripada survei-survei,” sambungnya.

MERIAH: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dapat sambutan meriah dari pendukungnya. | Foto: IST

Gus Salam mengajak untuk menunggu saja hasilnya. Terpenting Pemilu berjalan adil, jujur, terbuka, tanpa ada kecurangan-kecurangan sistematis dan terstruktur.

Jadi meyakini satu atau dua putaran? “Insyaallah dua putaran,” kata Gus Salam. Dan pasangan Anies-Muhaimin ada di dalamnya? “Insyaallah,” ucap pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang itu.

Gus Salam patut percaya diri, mengingat hasil survei hampir semua lembaga pesaing Prabowo-Gibran bukan lagi Ganjar Pranowo-Mahfud MD melainkan Anies-Muhaimin.

Dalam survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), misalnya. Keterpilihan Prabowo-Gibran mencapai 51,9%, disusul Anies-Muhaimin 23,3%, Ganjar-Mahfud 20,3%, dan 4,4% lainnya tidak tahu/tidak menjawab.

Lalu dalam Lembaga Survei Nasional (LSN) yang dilakukan pada 4-9 Februari 2024, Prabowo-Gibran leading 51,9%, Anies-Muhaimin 24,3%, Ganjar-Mahfud 18,7%, dan 5,1% lainnya undecided voters.

Berikutnya lembaga survei Poltracking. Hasilnya, Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas 50,9%. Disusul Anies-Muhaimin 25,1%, Ganjar-Mahfud 18,4%, dan 5,6% lainnya tidak tahu/tidak menjawab.

Kemudian lembaga Political Statistics (Polstat) Indonesia. Prabowo-Gibran meraup elektabilitas 52,8%, Anies-Muhaimin 26,5%, Ganjar-Mahfud 18,2%, dan 2,5% lainnya undecided voters.

Lembaga lain, Populi Center juga sama. Prabowo-Gibran unggul jauh 52,5%, disusul Ganjar-Mahfud 16,9%. Sedangkan 6,3% belum memutuskan dan 2,2% lainnya tak menjawab.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.