Wisata Banyuwangi Tetap Favorit! 126 Ribu Orang Berkunjung selama Libur Lebaran

| -
Wisata Banyuwangi Tetap Favorit! 126 Ribu Orang Berkunjung selama Libur Lebaran
MEMBLUDAK: Wisatawan saksikan kesenian di Banyuwangi saat libur lebaran. | Foto: Barometerjatim.com/IST

BANYUWANGI | Barometer Jatim – Kabupaten Banyuwangi tetap menjadi pilihan favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Selama libur lebaran, 5-15 April 2024, jumlah wisatawan yang datang ke berbagai destinasi mencapai 126.414 orang.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani bersyukur meski terjadi lonjakan wisatawan di semua destinasi, suasana liburan tetap kondusif dan aman.

“Terima kasih untuk semua wisatawan yang telah berkunjung ke destinasi wisata Banyuwangi. Semoga bisa menjadi pengalaman berlibur yang berkesan dan kami tunggu kedatangannya kembali” ujar Ipuk, Jumat )19/4/2024).

Ipuk mengatakan, sebelum libur lebaran pihaknya telah mengimbau semua pengelola destinasi untuk bersiap menyambut datangnya wisatawan. Ipuk berterima kasih pada para pengelola wisata, yang telah mempersiapkan destinasinya dengan baik.

“Terima kasih kepada semua pengelola destinasi, UMKM dan juga homestay yang telah melayani wisatawan dengan baik,” kata Ipuk.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Taufiq Rahman, wisatawan mulai ramai mengunjungi berbagai destinasi wisata pada hari kedua lebaran atau pada 11 April. Jumlah wisatawan terus meningkat di hari berikutnya hingga puncaknya, Minggu 14 April.

“Pengunjungnya datang dari berbagai kota, sekaligus ada yang mudik. Turis asing juga tercatat ada 180 wisatawan,” kata Taufik.

Destinasi yang paling banyak dikunjungi di Banyuwangi adalah Pantai Marina Boom yang dikunjungi 37.878 orang. Selanjutnya Pantai Pulau Merah dengan 15.491 pengunjung, dan ketiga Hutan de Djawatan yang dikunjungi 10.223 wisatawan.

Destinasi wisata lainnya, Pantai Grand Watudodol, Pemandian Alami Jopuro, Pemandian Tamansuruh, Pantai Blimbingsari, Sendang Seruni, Air terjun Telunjuk Raung Mangaran, dan lainnya juga mengalami lonjakan pengunjung.

"Selain itu, Banyuwangi juga menggelar beragam atraksi seni dan budaya selama libur lebaran, mulai Seblang Olehsari, Sendartari Meras Gandrung, hingga Barong Ider Bumi. Inilah yang menjadi daya tarik Banyuwangi untuk dikunjungi wisatawan," ucap Taufiq.{*}

| Baca berita Banyuwangi. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.