Tantang Eri Cahyadi-Armuji di Pilwali Surabaya, Gerindra-Golkar Siapkan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga!

| -
Tantang Eri Cahyadi-Armuji di Pilwali Surabaya, Gerindra-Golkar Siapkan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga!
TANTANG PETAHANA: Dhani-Bayu disiapkan tantang Eri-Armuji di Pilwali Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

SURABAYA | Barometer Jatim – Gerindra ancang-ancang mengusung kader sendiri di Pilwali Surabaya 2024, termasuk siap berkoalisi dengan Golkar untuk membuat poros baru.

Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad menegaskan kesiapannya membentuk poros baru lantaran partainya mempunyai banyak stok kader mumpuni untuk berkontestasi.

"Ada banyak. Gerindra tengah menggodok nama-nama internal yang siap maju di Surabaya," kata politikus keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad tersebut, Selasa (14/5/2024).

Kader potensial tersebut, kata Sadad, di antaranya Caleg Gerindra DPR RI Dapil Jatim I terpilih yang juga pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani Prasetyo. Ada pula Kharisma Febriansyah, Hadi Dediansyah, hingga Caleg DPRD Jatim terpilih dengan suara terbesar (94.149) di Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso.

GAGAS POROS BARU: Anwar Sadad (dua kiri) saat berkunjung ke kantor Partai Golkar Jatim. | Foto: Barometerjatim.com/RQ

"Ada Mas Dhani, ada Bang Kharisma yang Gerindra siapkan. Ada juga kader muda kita Cahya Harjo," tandas Sadad yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim.

Berbekal 8 kursi di DPRD Kota Surabaya hasil Pileg 2024, Sadad menegaskan Gerindra akan membuat poros baru untuk menantang duet petahana Eri Cahyadi-Armuji.

"Kami punya 8 kursi dan jadi partai pemenang kedua di Surabaya. Kami akan berkomunikasi dengan partai lain untuk peluang itu (poros baru)," ucapnya.

Gerindra, lanjut Sadad, membuka peluang koalisi dengan Golkar di Pilwali Surabaya 2024, terlebih Partai Beringin yang memiliki 5 kursi sudah mendorong kadernya yang juga Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim, Bayu Airlangga.

"Peluang koalisi itu sangat terbuka lebar, apalagi di tingkat nasional Gerindra dan Golkar bersama-sama. Kami juga berpeluang mengusung Bayu Airlangga," ucap Sadad yang namanya kian mencengkeram di bursa Cagub Jatim 2024.

Sebelumnya, Golkar menyampaikan tengah menggagas poros baru untuk menantang PDIP di Pilwali Surabaya 2024. Partai Beringin bahkan sudah menyiapkan kader mudanya, Bayu Airlangga melawan jagoan banteng, Eri Cahyadi.

  • HASIL PILEG 2024 DI SURABAYA
    1. PDIP: 11 kursi (336.698 suara)
    2. Gerindra: 8 kursi (241.231 suara)
    3. PKB: 5 kursi (159.362 suara)
    4. Golkar: 5 kursi (136.814 suara)
    5. PKS: 5 kursi (135.733 suara)
    6. PSI: 5 kursi (133.236 suara)
    7. Demokrat: 3 kursi (103.382 suara)
    8. PAN: 3 kursi (83.567 suara)
    9. PPP: 3 kursi (52.410 suara)
    10. Nasdem: 2 kursi (62.658 suara)

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhamad Sarmuji, untuk bisa membentuk poros baru partainya membutuhkan 5 kursi lagi.

"Kalau disambut oleh partai lain kami bisa mengusung, karena kalau kami sendiri masih belum cukup kursi mengingat jumlah kursi kami hanya 5 di Surabaya," katanya.

Karena itu, Sarmuji mengatakan Golkar perlu berkoalisi dengan partai lain untuk menggenapkan 10 kursi, sebagai syarat bisa mengusung pasangan calon.

Akankah duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga terwujud untuk menantang Eri Cahyadi-Armuji di Pilwali Surabaya?{*}

| Baca berita Pilwali Surabaya. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.