Golkar Ajak Gerindra Koalisi di Pilkada Jombang: Sesama Gus Mestinya Gus Sadad Dukung Gus Hans!

| -
Golkar Ajak Gerindra Koalisi di Pilkada Jombang: Sesama Gus Mestinya Gus Sadad Dukung Gus Hans!
SESAMA GUS: Anwar Sadad (tengah) saat sahur bersama di kediaman Gus Hans (kanan). | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Sukses menjadi penopang utama Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, Partai Golkar dan Partai Gerindra siap melanjutkan kebersamaan di Pilkada serentak, khususnya di Jawa Timur.

“Di Pilkada ini tentu kita berharap ada kerja sama yang makin akrab dengan Partai Gerindra,” kata Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Muhamad Sarmuji saat berkunjung ke kantor Partai Gerindra Jatim di kawasan Gayungan,  Surabaya, Jumat (24/5/2024).

“Tadi Pak Sadad (Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad) sudah sebutkan Gerindra mendukung Golkar di beberapa tempat, tapi rasanya lebih banyak Golkar mendukung Gerindra kali ini,” tandasnya.

Sarmuji mencontohkan di Jombang. “Di Jombang kita siap mendukung kader Gerindra. Sebaliknya kita juga berharap Gerindra mendukung kader Golkar, yaitu Gus Hans (Zahrul Azhar Asumta) dan itu sudah kita komunikasikan pada waktu pertemuan informal kapan hari,” ucapnya.

“Kalau perpaduan ini jadi, tentu kita sangat gembira. Sebagai orang yang sama-sama dipanggil gus, tentu mestinya Gus Sadad mendukung. Kalau enggak nanti kita pertanyakan ke-gus-annya. Kita umumkan pada khalayak ternyata sesama gus tidak saling mendukung,” imbuhnya disambut tawa dan aplaus panjang pengurus Gerindra dan Golkar yang hadir.

  • HASIL PILEG 2024 DI JOMBANG
    1. PKB: 12 kursi, tambah 2
    2. PDIP: 10 kursi, tetap
    3. Gerindra: 8 kursi, tambah 4
    4. Demokrat: 6 kursi, tambah 1
    5. Golkar: 5 kursi, tetap
    6. PPP: 4 kursi, hilang 3
    7. PKS: 3 kursi, tetap
    8. Nasdem: 2 kursi, tambah 1
    9. PAN: 0 kursi, hilang 3
    10. Perindo: 0 kursi, hilang 2

Selain Jombang ada banyak lagi. Termasuk di Kabupaten Probolinggo, Gresik, dan Jember. “Kalau ini mendapatkan sokongan dari DPD provinsi masing-masing, kemungkinan bisa tercipta kolaborasi yang indah antara Gerindra dan Golkar,” katanya.

Sebaliknya, lanjut Sarmuji, Golkar juga berharap dukungan dari Gerindra di sejumlah daerah. Misalnya di Kabupatan Madiun. “Kita punya kader dan insyaallah menang. Kalau didukung Gerindra, peluang menangnya makin besar,” katanya.

Soal Gus Hans ditugasi Golkar maju di Pilkada Jombang, sebelumnya sudah disampaikan Sarmuji usai menghadiri Peringatan Nuzulul Qur'an dan Santunan Ayat Yatim di kantor DPD Partai Golkar Jatim, Sabtu, 6 April 2024.

“Gus Hans memang kita dorong untuk bisa maju, entah nanti sebagai bupati atau wakil bupati,” katanya politikus yang juga anggota DPR RI itu.

Soal bakal dipasangkan dengan siapa, Sarmuji menyebut Golkar masih melakukan komunikasi. Namun dia berharap Gus Hans bisa berpasangan dengan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Jombang, Warsubi yang bakal diusung Gerindra.

“Nanti tergantung komunikasinya, tapi belum ada komunikasi ke kita. Kalau bisa Warsubi-Gus Hans, bagus!” harap Sarmuji.

Sementara itu menanggapi harapan Sarmuji agar Gerindra bisa menggandeng Gus Hans di Pilkada Jombang, Gus Sadad menyampaikan semuanya masih dikaji.

“Karena tentu akan kita lakukan mekanisme di tingkat DPC, mereka juga harus menyerap suara dari pengurus PAC juga ranting. Kita akan jadikan sebagai konsideran di dalam mengusulkan, siapa yang paling pantas direkomendasi dan diputuskan sebagai calan kepala derah dan wakil kepala dearah,” ucapnya.{*}

| Baca berita Pilbup Jombang. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.