Gus Sadad: Gerindra Jatim Tak Ada Hambatan Psikologis dengan Emil Dardak, Tapi..

| -
Gus Sadad: Gerindra Jatim Tak Ada Hambatan Psikologis dengan Emil Dardak, Tapi..
TAK ADA HAMBATAN?: Anwar Sadad (kanan) dan Emil Dardak, tidak ada psychological barriers? | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA | Barometer Jatim – Rekomendasi Partai Gerindra untuk Emil Elestianto Dardak maju Cawagub Jatim berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa masih tarik ulur. DPP menyebut sedang menyiapkannya, namun hingga kini tak kunjung turun.

Mengapa begitu alot? Adakah hambatan dari Gerindra Jatim? “Gerindra ini simpel sebenarnya, sami'na wa atho'na (kami mendengar dan kami taat),” kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, Sabtu (25/5/2024).

“Begitu ada perintah kita mengusung Pak Emil it’s okay. Ndak ada masalah, kita enggak ada psychological barriers (hambatan psikologis),” tegasnya.

Tapi perintah DPP, tandas keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad itu, sampai hari ini adalah mendukung Khofifah sebagai calon gubernur.

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Rekom Khofifah-Emil: Demokrat (11 kursi), Golkar (15), PPP (4). Rekom Khofifah: Gerindra (21), PAN (5). Siap Dukung Khofifah: PDIP (21). Belum Tentukan Pasangan Calon: PKB (27), Nasdem (10), PKS (5), PSI (1)

“Sedangkan calon wakil gubernur, mungkin hanya malah waktu ya, tapi sampai hari ini kita enggak bisa kan melangkah sebelum ada arahan dari DPP,” ucapnya.

Diketahui, dari empat Parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang pengusung Khofifah di Pilgub Jatim, baru dua yang memberikan rekomendasi secara paket dengan Emil, yakni Demokrat (11 kursi) dan Golkar (15 kursi). Sedangkan Gerindra (21 kursi) dan PAN (5 kursi) masih alot.

Di saat Gerindra dan PAN belum memberikan rekomendasi paket, PPP yang bukan Parpol KIM justru melangkah cepat menyusul Demokrat dan Golkar. Rekom paket Khofifah-Emil diserahkan Ketua DPW PPP Jatim, Mundjidah Wahab, Sabtu (18/5/2024) malam.

Menanggapi Gerindra dan PAN yang tak kunjung menurunkan rekom paket, Khofifah menyebut semuanya masih berproses. Namun mantan Menteri Sosial itu yakin rekomendasi paket dirinya bersama Emil dari seluruh Parpol KIM akan keluar.

“Kan rekom itu sudah ada Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN. Kita memang menunggu proses turunnya rekom paket Khofifah-Emil. Yang sudah paket Khofifah-Emil itu Demokrat, kemudian Golkar, hari ini PPP,” katanya.

“Insyaallah semua akan berseiring. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Golkar, bahwa komunikasi partai yang dalam KIM insyaallah pada posisi paket Khofifah-Emil,” tandasnya.

KIM adalah barisan Parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Terdiri dari empat Parpol parlemen (Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat) dan empat Parpol non-parlemen (PSI, PBB, Garuda, dan Gelora).

Selain dengan Parpol pendukung Prabowo-Gibran, Khofifah menegaskan dirinya bersama Emil juga tengah membangun komunikasi dengan Parpol di luar KIM, termasuk PDIP.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.