PDIP Terus Goyang Emil, Dekati Gerindra Wujudkan Duet Khofifah-Kharisma di Pilgub Jatim 2024!

| -
PDIP Terus Goyang Emil, Dekati Gerindra Wujudkan Duet Khofifah-Kharisma di Pilgub Jatim 2024!
KHOFIFAH-EMIL: Budi 'Kanang' Sulistyono, dukung duet Khofifah-Kharisma di Pilgub Jatim 2024. | Foto: IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Sudah empat partai pemilik kursi di DPRD Jatim -- Demokrat (11), Golkar (15), PPP (4), PAN (5) -- yang memberikan rekomendasi secara paket Khofifah Indar Parawamsa-Emil Elestianto Dardak maju Pilgub Jatim 2024.

Meski demikian, PDIP yang juga tengah merayu Khofifah terus menggoyang posisi Emil. Bahkan menyebut Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Kharisma Febriansyah lebih cocok mendampingi perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU tersebut.

"Menurut saya Mas Kharisma kader muda potensial dan layak mendampingi Bu Khofifah," kata Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Budi 'Kanang' Sulistyono, Senin (3/6/2024).

Kanang menilai Kharisma sosok muda yang punya kapasitas. Selain itu, bisa menjadi titik temu antarpartai pengusung Khofifah di Pilgub Jatim 2024.

PDIP sendiri, tandas anggota DPR RI terpilih dari Dapil Jatim VII tersebut, sampai saat ini belum menentukan arah dukungan.

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Rekom Khofifah-Emil : Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), PPP (4 kursi), PAN (5 kursi), Perindo (nonkursi)
    Rekom Khofifah Tanpa Emil : Gerindra (21 kursi)
    Belum Tentukan Calon : PKB (27 kursi), PDIP (21), Nasdem (10), PKS (5), PSI (1).

Namun dia mengungkap sedang intens berkomunikasi dengan Gerindra, untuk mengusung duet Khofifah-Kharisma di Pilgub Jatim 2024.

"Kita juga sedang komunikasi dengan Gerindra, dan ini mungkin saja terjadi," jelas Kanang. "Kita mendukung Mas Kharisma untuk mendampingi Bu Khofifah pada periode berikutnya (2025-2030)," tegasnya.

Di sisi lain, baliho Khofifah-Kharisma makin masif bertebaran di sejumlah wilayah di Jatim. Setelah di Magetan, Ngawi, hingga Ponorogo, kini muncul di Lamongan, Probolinggo, Madiun, hingga Bojonegoro.

Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK), Hidayat saat dikonfirmasi menyebut baliho itu merupakan aspirasi dari kader di akar rumput.

"Ya itu memang aspirasi kader di daerah-daerah, mereka punya hak untuk bersuara menyampaikan aspirasinya," katanya.

Menurut Hidayat, mereka berharap agar pendamping Khofifah di Pilgub Jatim 2024 yakni kader Gerindra. Apalagi Gerindra memiliki modal 21 kursi DPRD Jatim dan menjadi partai dengan kursi terbanyak pemberi rekom Khofifah.

"Harapan kader di bawah, mereka ingin Gerindra menempatkan kadernya di pemimpin Jatim atau eksekutif. Yang jelas nanti kan DPP yang memutuskan bagaimana wakil dari Bu Khofifah," ucapnya.

Anggota DPRD Jatim ini menambahkan, sampai saat ini Gerindra baru memberikan rekomendasi kepada Khofifah untuk maju sebagai Cagub Jatim 2024.

"Sampai saat ini kan belum turun untuk rekomendasi sepaket. Yang kita ketahui ya rekomendasinya sebelum Pileg lalu ya untuk Bu Khofifah saja," pungkasnya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.