Bupati Fauzi ke Kontraktor Migas Sumenep: Gandeng Perusahaan Lokal, Jangan Semuanya Jakarta!

| -
Bupati Fauzi ke Kontraktor Migas Sumenep: Gandeng Perusahaan Lokal, Jangan Semuanya Jakarta!
TEGAS: Bupati Fauzi, minta kontraktor migas di Sumenep gandeng perusahaan lokal. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA, Barometer Jatim – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi melakukan berbagai langkah tegas agar masyarakatnya bisa merasakan manfaat dari eksplorasi migas. Selain mengejar (Participating Interest) 10% dan CSR nonformal, KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama) juga diminta menggandeng perusahaan lokal.

“Jadi mereka pada saat usaha di Sumenep,  paling tidak ada beberapa bisnis turunannya itu bermitra dan bekerja sama dengan perusahaan lokal,” pinta Fauzi di Surabaya, Sabtu (21/1/2023).

“Ini yang juga kita minta kepada mereka dan alhamdulillah sudah beberapa disepakti. Salah satunya Husky (PT Husky Cnooc Madura Limited/HCML) sudah menyepati itu,” ungkapnya.

Selain HCML, ada pula PT EML (Energi Mineral Langgeng). Memang belum beroperasi, tapi sudah menyapakti dan memberikan pekerjaan untuk beberapa perusahaan lokal. Bisa dengan BUMD atau perusahaan swsata.

“Sehingga ada perputaran ekonomi di sana. Nah, ini yang saya minta kepada mereka, jangan semua perusahaan di Jakarta. Apalagi Rp 10 miliar ke bawah ada aturannya, itu perusahaan lokal yangt berhak mengelola dan saat ini belum berjalan dengan baik,” jelas Fauzi.

“Dan itu selalu saya tagih agar realisasinya bisa dilaksanakan, selama perusahaan lokal ini profesional sesuai dengan spesifikasi yang mereka harapkan. Kecuali sudah tidak ada, saya persilakan untuk bisa dari perusahaan Surabaya atau Jakarta, silakan di mana saja,” imbuhnya.

Bentuk pekerjaaanya apa yang bisa dilakukan perusahaan loka? “Ya apa saja. Misalnya pengadaan air untuk support ke daerah eksplorasinya itu mungkin kita bisa PDAM dan lainnya,” katanya.

Menurut Fauzi, peluang seperti ini kadang kurang jeli dilihar. “Saya berusaha untuk jeli agar ada impact bisnis, sehingga ada perputaran ekonomi di Sumenep dan perusahaan-perusahaan lokal bisa diberdayakan,” ucapnya.{*}

» Baca berita terkait Sumenep. Baca tulisan terukur lainnya Roy Hasibuan.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.