Alumni Airlangga Dukung Ganjar, Teguh Prihandoko: Dukungan Kami Bukan Kaleng-kaleng!

| -
Alumni Airlangga Dukung Ganjar, Teguh Prihandoko: Dukungan Kami Bukan Kaleng-kaleng!
DUKUNG GANJAR: Teguh Prihandoko, dukungan Ksatria Airlangga untuk Ganjar tak main-main. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA, Barometer Jatim – Ksatria Airlangga, organisasi yang didirikan, dimotori dan beranggotakan alumni Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang dulu dikenal sebagai relawan militan Jokowi, menyatakan dukungannya terhadap Capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo.

Bahkan Ketua Ksatria Airlangga yang juga alumnus Fakultas Ekonomi Unair Airlangga, Teguh Prihandoko menegaskan dukunganya bukan 'kaleng-kaleng'.

“Dukungan kami terhadap Ganjar tidak main-main, bukan kaleng-kaleng, karena di dalam Ksatria Airlangga ini ada banyak profesor, doktor, dan para profesional alumni Unair yang memiliki reputasi di daerah, nasional bahkan internasional yang siap membantu pemenangan Ganjar menjadi Presiden RI di Pilpres 2024 nanti,” tandasnya, Selasa (25/4/2023).

Teguh juga menegaskan, Ksatria Airlangga bukanlah onderbauw partai politik tertentu, termasuk PDIP. Menurutnya, Ksatria Airlangga adalah gerakan moral anak bangsa yang secara terorganisir dan independen terpanggil untuk melakukan partisipasi politik secara aktif dalam penentuan kepemimpinan nasional.

“Sebagai organisasi yang independen, kami siap bekerja sama dengan semua pihak yang sejalana dan sepemahaman dalam memilih pimpinan nasional, terutama tentunya dengan PDIP yang memiliki tiket pencalonan dan telah resmi mengusung kader terbaiknya sebagai Capres 2024,” ucapnya.

Terkait alasannya mendukung Ganjar, Teguh menjelaskan salah satunya karena Ganjar tokoh yang dianggap mampu dan berkomitmen untuk meneruskan program-program Jokowi, diantaranya terkait pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Bisa Lanjutkan IKN 

Selain itu, Teguh menyebut Ksatria Airlangga sudah lama mengamati rekam jejak Gubernur Jawa Tengah tersebut yang dinilai memiliki komitmen terhadap paham kebangsaan.

“Bagi Ksatria Airlangga, komitmen pimpinan nasional terhadap paham kebangsaan adalah harga mati. Paham kebangsaan yang kami maksud adalah kebangsaan dalam tindakan nyata dan pilihan politik, bukan paham kebangsaan yang sekadar sebagai kata-kata” ucapnya.

Masyarakat, lanjut Teguh, juga bisa menilai bahwa selama ini Ksatria Airlangga tidak salah mengajak masyarakat dan khususnya alumni Unair mendukung Jokowi.

Menurutnya, masyarakat bisa melihat sendriri bagaimana Jokowi menerjemahkan paham kebangsaan dengan membangun infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia. Belum lagi dengan IKN yang sedang dibangun di Kalimantan Timur yang akan membuat Indonesia bukan hanya Jawa.

“Kalau Jokowi bukan seorang nasionalis sejati, maka IKN tidak akan pernah terwujud. Dan kami melihat hanya sosok Ganjar Pranowo yang berkomitmen untuk mewujudkan IKN sebagaimana dirancang dan dimulai Pak Jokowi, mengingat Ganjar adalah kadernya Pak Jokowi yang loyal dan berintegritas,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, tambah Teguh, Ksatria Airlangga akan mendeklarasikan dukungan secara resmi. “Sama seperti pada saat dulu kami mengundang Jokowi, maka kami berharap pada saat deklarasi nanti Mas Ganjar berkenan hadir di Kota Pahlawan,” harapnya.

Selebihnya, Teguh menyampaikan teriima kasih pada Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang telah menetapkan Ganjar sebagai Capres 2024. Pun demikian pada Jokowi sebagai presiden dan kader PDIP yang telah menyiapkan calon terbaik untuk meneruskan kepemimpinan nasional.

Di sisi lain, dia mengaku kaget saat Megawati menetapkan Ganjar sebagai Capres. “Saya tidak menduga Ibu Megawati mengumumkan penetapan Mas Ganjar sebagai Capres dari PDIP secepat ini,” katanya.

Sama halnya dengan khalayak ramai, Teguh mengira bahwa momentum Hari Kebangkitan Nasional pada Mei atau Kelahiran Pancasila dan bulan Bung Karno pada Juni 2023 akan dipilih sebagai hari penetapan Capres dari PDIP.

“Namun kita semua kecele, he.. he.. Ternyata Bu Mega memberikan hadiah lebaran bagi kita semua, khususnya bagi Ksatria Airlangga yang memang sudah sejak lama mengamati rekam jejak Gubernur Jawa Tengah ini,” pungkasnya.{*}

» Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.