Bupati Ipuk Resmikan Gedung Creative Hub, Inkubator Anak Muda Kreatif di Banyuwangi

| -
Bupati Ipuk Resmikan Gedung Creative Hub, Inkubator Anak Muda Kreatif di Banyuwangi
CREATIVE HUB: Bupati Ipuk Fiestiandani resmikan ruang kreativitas publik. | Foto: Barometerjatim.com/HPB

BANYUWANGI, Barometer Jatim – Kabupaten Banyuwangi kini memiliki ruang kreativitas publik (creative hub) yang diresmikan Bupati Ipuk Fiestiandani, Jumat (16/6/2023).

Ipuk berharap Creative Hub Banyuwangi ini tidak hanya menjadi wadah menampilkan kreativitas, namun juga mengasah keterampilan penggunaan teknologi modern seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) bagi anak muda.

Creative Hub yang dikembangkan Banyuwangi Youth Creative Network (BYCN) di bawah koordinasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini berada di kawasan Terminal Wisata Terpadu Sobo. Saat peresmian, ditampilkan deretan karya dan produk hasil ide kreativitas anak muda Banyuwangi. Termasuk seni instalasi dan tampilan video mapping karya anak Banyuwangi.

Tak hanya itu, salah satu standnya juga menampilkan Smart Desain Ai. Para pengunjung bisa mencoba bagaimana menggunakan teknologi Ai untuk mendesain ruangan oleh para programer muda.

"Kami harapkan ruang ini menjadi titik temu bagi para kreator, inovator, dan pecinta teknologi. Saya yakin teknologi Ai dapat mengubah banyak aspek kehidupan kita, dan harus kita optimalkan untuk mengembangkan karya kita. Banyak tools Ai yang kita gunakan untuk mempermudah dan mempercepat kerja kita," kata Ipuk.

| Baca juga:

Ipuk berharap keberadaan Creative Hub Banyuwangi juga akan memberikan dampak positif bagi anak muda Banyuwangi. Mereka tidak hanya sharing ke pengetahuan dan keterampilan terkini dalam teknologi, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan ide-ide inovatif mereka.

"Ini akan menjadi inkubator anak-anak muda kreatif Banyuwangi. Saya harap, ruang ini juga bisa menjadi penghubung antara para inovator dan kreator dengan pasar," kata Ipuk.

Creative Hub Banyuwangi menyelenggarakan berbagai pelatihan dan workshop tentang pembangan sektor-sektor ekonomi kreatif dan pemanfaatan teknologi yang mendukungnya.

Selain itu, Creative Hub Banyuwangi menyediakan fasilitas dan peralatan penunjang yang merupakan dukungan dari Kementrian Pariwisata dan Ekraf. Ada studio musik dan rekaman, studio komputer, ruang pertemuan, dan lainnya.

Digelar Setiap Pekan

Ketua BYCN Vicky Hendri Kurniawan menambahkan, workshop dan kelas kreatif akan digelar rutin setiap pekannya.

“Kegiatan ini gratis. Siapa saja bisa ikut dengan mendaftar melalui Instagram @bwi.ch Di dalamnya terdapat tautan untuk mendaftar kelas kreatif, reservasi gedung, dan aktivitas kreatif lainnya,”kata Vicky.

Vicky menyebut, hingga saat ini sudah ada 15 kelas pelatihan yang digelar di creative hub yang menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya.

| Baca juga:

Seperti pada kelas kreatif sub sector fesyen pada Kamis (15/6/2023) lalu, menghadirkan desainer eco fashion Banyuwangi, Anita Yuni, yang terkenal dengan produk yang ramah lingkungan.

“Untuk kelas-kelas prioritas seperti kelas video, music, dan desain pelaksanaannya tidak hanya satu atau dua pertemuan, namun berkelanjutan hingga para peserta bisa menghasilkan karya,” tambah Vicky.{*}

| Baca berita Banyuwangi. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.