Turun ke Lumajang, Mak Ganjar Jatim Bantu Warga Terdampak Lahar Dingin Semeru

| -
Turun ke Lumajang, Mak Ganjar Jatim Bantu Warga Terdampak Lahar Dingin Semeru
BENCANA ALAM: Banjir lahar dingin Semeru memutuskan sejumlah jembatan dan jalan penghubung. | Foto: IST

LUMAJANG, Barometer Jatim – Pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam sukarelawan Mak Ganjar Jatim, turun ke Kabupaten Lumajang membantu warga yang terdampak banjir lahar dingin.

Korwil Mak Ganjar Jatim, Harizatun Naqiyah mengatakan mereka datang langsung ke Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro pada Rabu (12/7/2023).

"Banjir lahar dingin Semeru yang terjadi pada Jumat, telah melumpuhkan sejumlah jembatan dan jalan penghubung di Lumajang,” katanya.

Bencana lahar dingin Semeru itu terjadi, lanjutnya, usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur lereng gunung tertinggi di Jawa itu.

"Dampak dari banjir lahar ini masih dirasakan oleh warga setempat, utamanya rusaknya infrastruktur dan padamnya aliran listrik," ujar Harizatun.

| Baca juga:

Merespons hal itu, Mak Ganjar mengunjungi warga terdampak untuk menyalurkan bantuan secara langsung. "Kami sukarelawan Mak Ganjar diantar oleh beberapa warga lokal masuk ke desa yang termasuk zona merah," katanya.

Menurut Harizatun, pada pagi hari, sebagian warga memilih bertahan di rumah sembari membersihkan puing-puing sisa banjir.

"Namun ketika sore menjelang atau kondisi cuaca hujan, mereka memilih kembali ke pengungsian karena khawatir banjir susulan," ucapnya.

Dia berharap, melalui bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir lahar dingin tersebut. "Semoga seluruh warga yang terdampak mendapatkan ketabahan dan seluruh infrastruktur segera pulih," harapnya.{*}

| Baca berita Bencana Alam. Baca tulisan terukur Andriansyah | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.