Gelar Haul Raja-Raja Madura di Hari Jadi ke-754 Sumenep, Rupanya Ini yang Diharapkan Bupati Fauzi!

| -
Gelar Haul Raja-Raja Madura di Hari Jadi ke-754 Sumenep, Rupanya Ini yang Diharapkan Bupati Fauzi!
HARI JADI SUMENEP: Bupati Fauzi gelar Haul Raja-Raja Madura di Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep. | Foto: IST

SUMENEP | Barometer Jatim – Tak hanya menyuguhkan seni budaya dan aksi sosial. Rangkaian perayaan Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep juga diisi dengan haul raja-raja. Jika biasanya haul dilakukan untuk Raja-Raja Sumenep, tahun ini Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo membuat skalanya lebih besar.

Minggu (29/10/2023) malam, haul raja-raja menghadirkan ulama dan kesultanan se-Madura. Menurut bupati yang akrab disapa Cak Fauzi itu, penyelenggaraan haul raja-raja se-Madura dimaksudkan untuk semakin mengenalkan budaya leluhur kepada masyarakat.

Selain itu, haul dimaksudkan untuk meneladani ajaran-ajaran para raja untuk bisa diaplikasikan pada kehidupan saat ini. “Insyaallah kegiatan malam ini turut dihadiri ulama dan kesultanan se-Madura,” katanya.

Cak Fauzi mengingatkan, dengan meneladani ajaran dan petuah dari para raja, maka bisa menjadi semangat untuk membangun Madura. Memperjuangkan untuk membuat warga Madura semakin sejahtera.

| Baca juga:

Dia mencontohkan kepemimpinan masa Raja Arya Wiraraja yang menjadi sosok raja cerdas, pengatur strategi, hingga akhirnya menjadi bagian dari pengatur strategi Kerajaan Majapahit. Hal ini menunjukkan betapa hebatnya para raja terdahulu.

Di sisi lain, menurut Cak Fauzi, kegiatan Haul Raja-Raja Madura juga untuk semakin mengenalkan keunggulan budaya dan tradisi orang Madura kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Alhamdulillah budaya dan kekhasan Madura kini semakin dikenal. Karenanya, Haul Raja-Raja Madura akan semakin menonjolkan keunikan budaya Madura kepada seluruh masyarakat di Indonesia juga dunia,” ucap Cak Fauzi.{*}

| Baca berita Sumenep. Baca tulisan terukur Retna Mahya | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.