Bursa Cagub Jatim 2024, Survei ARCI: Anwar Sadad Sangat Populer di Kalangan Santri!

| -
Bursa Cagub Jatim 2024, Survei ARCI: Anwar Sadad Sangat Populer di Kalangan Santri!
BURSA CAGUB JATIM: Baihaki Siratj saat memaparkan hasil survei terbaru ARCI. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA | Barometer Jatim – Nama Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad kian mencengkeram di bursa Cagub Jatim 2024. Hal itu terbaca dari hasil survei terbaru Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan pada 15-23 Maret 2024.

Direktur ARCI, Baihaki Siratj menyebut keluarga Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri yang akrab disapa Gus Sadad itu memiliki popularitas yang tinggi di wilayah Tapal Kuda, Madura, termasuk di pesantren-pesantren Nahdlatul Ulama (NU).

"Anwar Sadad sangat populer di kalangan santri. Tidak heran untuk kategori top of mind menyentuh angka 9,5%," jelasnya saat memaparkan hasil survei lembaganya di Surabaya, Rabu (27/3/2024).

Elektabilitas Sadad di bursa Cagub Jatim kian terkerek, lanjut Baihaki, usai mengantarkan Ketua Umumnya, Prabowo Subianto menjadi Presiden RI terpilih serta kursi Gerindra di Jatim naik tajam di seluruh tingkatan legislatif.

Sesuai hasil rekapitulasi KPU, kursi Gerindra di Jatim untuk DPRD kabupaten/kota naik menjadi 218 dari sebelumnya 189. Lalu DPR RI dari 11 naik menjadi 14 kursi.

Kursi untuk DPRD Jatim bahkan naik lebih tajam lagi. Gerindra meraih 21 kursi dengan total suara 3.589.052 atau naik 6 kursi dibanding perolehan pada Pileg 2019 sebanyak 15 kursi.

TOP OF MIND: Elektabilitas Anwar Sadad sentuh angka 9,5% di bursa Cagub Jatim. | Sumber: Survei ARCI

"Sadad ini termasuk ketua partai dengan gerakan dan program terbanyak. Tidak berhenti sampai Pileg dan Pilpres, Sadad saat ini masih sangat rutin turun ke masyarakat, termasuk membuat gerakan menemui anak muda yang tentu saja bukan tanpa maksud dan tujuan. Apa tujuannya? Saya kira cek ombak untuk Pilgub Jatim 2024," jelasnya.

Baihaki juga melihat Sadad intens melakukan pendekatan yang tidak dilakukan politikus lainnya, yakni pendekatan intelektual dengan menajamkan frekuensi kehadiran di kampus-kampus, pesantren-pesantren, dan organisasi mahasiswa baik lewat seminar maupun diskusi lainnya.

“Pendekatan ini hanya bisa dilakukan oleh politikus dengan kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan persuasi yang baik," bebernya.

Namun Baihaki menyebut, peluang Sadad lebih terbuka menjadi Cawagub mendampingi Khofifah Indar Parawansa yang telah direkomendasi Gerindra.

"Di Cagub sudah mulai kompetitif, namun paling rasional saya melihat tentu untuk menjadi wakil dari Khofifah," ucapnya.

Dalam survei ARCI kategori top of mind Cagub Jatim 2024, Khofifah berada di angka 39,2%, disusul Emil Elestianto Dardak 16,7%, dan Sadad 9,5% menggenapi tiga besar.

Di bawahnya ada nama Menteri Tri Rismaharini atau Risma 9,4%. Lalu Ketua Partai Golkar Jatim sekaligus Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Muhamad Sarmuji 8,2% dan Bupati Sumenep Ahmad Fauzi 7,8%. Sedangkan responden yang belum menjawab 9,2%.

Terkait popularitas, Khofifah masih tertinggi dengan keterpilihan 98,7%, disusul Muhaimin Iskandar 98,6%, Emil Dardak 91,6%, Risma 78,5%, Anwar Sadad 76,9%, Sarmuji 71,5%, dan Ahmad Fauzi 57,7%.

Berikutnya di kategori kesukaan, Khofifah lagi-lagi tertinggi di angka 76,5%. Di bawahnya ada Emil Dardak 71,2%, Anwar Sadad 53,8%, Risma 51,2%, Sarmuji 45,2%, Muhaimin 41,7%, dan Fauzi 41,7%.

Survei ARCI dilakukan pada 15-23 Maret 2024 dengan jumlah 1.200 responden, menggunakan metode stratified multistage random sampling. Margin of error 2,8% pada tingkat kepercayaan 95% dan 25% kuisioner dilakukan quality control.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.