Emil Dardak Tepis Borong Rekom tapi Ngarep Diusung Seluruh Parpol: Kalau Jodoh Kenapa Tidak?

| -
Emil Dardak Tepis Borong Rekom tapi Ngarep Diusung Seluruh Parpol: Kalau Jodoh Kenapa Tidak?
BORONG REKOM?: Emil Dardak, jalin komunikasi dengan seluruh Parpol untuk Pilgub Jatim 2024. | Foto: Barometerjatim.com/ICAL

SURABAYA | Barometer Jatim – Meski syarat dukungan 24 kursi DPRD Jatim untuk maju lagi di Pilgub Jatim 2024 sudah terpenuhi, duet Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak masih gencar membangun komunikasi dengan seluruh Parpol.

Sebelumya, rekomendasi paket didapat dari tiga Parpol, yakni Demokrat (11 kursi), Golkar (15 kursi), dan PPP (4 kursi). Peluang mendapat tambahan dukungan juga terbuka lebar dari Gerindra (21 kursi) dan PAN (5 kursi) karena sudah memberi rekom ke Khofifah namun belum sepaket dengan Emil. Belum lagi dari PDIP (21 kursi) yang gencar merayu Khofifah untuk bergandengan di Pilgub Jatim 2024.

Apakah komunikasi intens tersebut dilakukan bagian dari penjajakan agar seluruh rekomendasi turun ke Khofifah-Emil?

“Kalau misalnya jodoh kenapa tidak?” kata Emil usai bersama Khofifah menerima rekomendasi dari PPP di Kantor DPW PPP Jatim, Jalan Raya Kendangsari 36 Surabaya, Sabtu (18/5/2024) malam.

Artinya Khofifah-Emil ingin memborog rekom seluruh Parpol? “Definisinya sekarang kita saling gayung bersambut dalam konteks ingin membangun komunikasi,” elaknya.

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024
    Rekom Khofifah-Emil: Demokrat (11 kursi), Golkar (15), PPP (4). Rekom Khofifah: Gerindra (21), PAN (5). Siap Dukung Khofifah: PDIP (21). Belum Tentukan Pasangan Calon: PKB (27), Nasdem (10), PKS (5), PSI (1).

Soal Gerindra yang hingga kini belum mengeluarkan rekomendasi secara paket, Emil menjelaskan kalau komunikasi tetap berjalan dengan baik.

Alhamdulillah komunikasi berjalan sangat baik dengan Gerindra. Teman-teman dari pimpinan Gerindra di Jatim juga sudah mengomunikasikan ke DPP. Itu yang saya diberitahu oleh Gus Sadad (Ketua Gerindra Jatim, Anwar Sadad), Mas Kharisma (Kharisma Febriansyah/sekretaris) dan jajaran Gerindra di Jatim,” paparnya.

Lagi pula, antara Demokrat Jatim yang diketuai Emil dan Gerindra juga melakukan kolaborasi dalam membahas Pillada kabupaten/kota.

Insyaallah, karena ini juga kebersamaan yang kita lanjutkan dari Pilpres kemarin. Tapi inklusif karena sekarang kebersamaan nostalgia juga di Pilgub 2018 terulang dengan PPP da komunikasi berjalan baik juga dengan partai-partai yang ada di Jatim,” ucap Emil.

Hal sama ditegaskan Khofifah.“Kan rekom itu sudah ada Gerindra, Golkar, Demokrat, PAN. Kita memang menunggu proses turunnya rekom paket Khofifah-Emil. Yang sudah paket Khofifah-Emil itu Demokrat, kemudian Golkar, hari ini PPP,” katanya.

Insyaallah semua akan berseiring. Seperti yang disampaikan Ketua Umum Golkar, bahwa komunikasi partai yang dalam KIM (Koalisi Indonesia Majuinsyaallah pada posisi paket Khofifah-Emil,” tandas Khofifah.

KIM adalah barisan Parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024. Terdiri dari empat Parpol parlemen (Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat) dan empat Parpol non-parlemen (PSI, PBB, Garuda, dan Gelora).

Selain dengan Parpol pendukung Parbowo-Gibran, Khofifah menegaskan dirinya bersama Emil juga tengah membangun komunikasi dengan Parpol di luar KIM, termasuk PDIP.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Abdillah HR | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.