Baliho Khofifah-Kharisma Bertebaran, Simbol Kader Gerindra Tolak Dukung Emil di Pilgub Jatim!

| -
Baliho Khofifah-Kharisma Bertebaran, Simbol Kader Gerindra Tolak Dukung Emil di Pilgub Jatim!
MASIH ALOT: Emil Dardak belum direkom Gerindra, muncul baliho Khofifah-Kharisma. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA | Barometer Jatim – Di tengah Partai Gerindra masih ogah merekomendasi Emil Elestianto Dardak maju Cawagub Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa, baliho Khofifah berpasangan dengan Sekretaris DPD Partai Gerindra, Kharisma Febriansyah malah bertebaran di sejumlah daerah.

Baliho "Khofifah-Kharisma untuk Jawa Timur” di antaranya terpasang di sejumlah ruas jalan di Magetan, Ngawi, hingga wilayah Ponorogo.

Siapa yang memasang baliho? Wakil Bendahara DPD Partai Gerindra Jatim, Dicanatta Santari membenarkan kalau pemasangan baliho tgersebut merupakan inisiatif kader di tingkat grass-roots.

"Memang ada aspirasi besar dari akar kader rumput, agar Gerindra mencalonkan Kharisma sebagai Cawagub Jatim mendampingi Khofifah," kata pria yang akrab disapa Dican tersebut, Selasa (28/5/2024).

Dia mengungkap, selain para kader, baliho juga dipasang sejumlah kelompok relawan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

"Saya juga cari tahu, infonya juga dari teman-teman relawan Prabowo-Gibran yang turut berjuang di Pilpres 2024. Mereka menyampaikan dan berharap kader Gerindra menjadi wakil dari Khofifah," ucapnya.

OGAH-OGAHAN: Gus Sadad (kiri) dan Kharisma Febriansyah, Gerindra masih ogah rekom Emil Dardak. | Foto: DOK

Inikah pertanda Gerindra tak akan menurunkan rekomendasi Cawagub Jatim untuk Emil Dardak?

"Saya kurang tahu perkara rekomendasi, yang saya ketahui ya rekomendasi sudah untuk Cagub Jatim ke Bu Khofifah," tegasnya.

Diketahui, dari empat Parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) pemberi rekomendasi Khofifah maju Cagub Jatim 2024, baru Demokrat (11 kursi) dan Golkar (15 kursi) yang memberikan secara paket bersama Emil sebagai Cawagubnya.

Sedangkan Gerindra sebagai pemilik kursi terbanyak (21) di KIM untuk Pilgub Jatim 2024, hingga kini masih ogah-ogahan menurunkan rekomendasi untuk Emil. Pun demikian dengan PAN (5 kursi).

Sebelumnya, soal rekomendasi yang masih alot, Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad menegaskan partai yang dipimpinnya tak ada hambatan dengan Emil.

“Gerindra ini simpel sebenarnya, sami'na wa atho'na (kami mendengar dan kami taat),” katanya usai menerima kunjungan pengurus DPD Partai Golkar Jatim, Jumat sore (25/5/2024).

  • PETA PARPOL PILGUB JATIM 2024 : Rekom Khofifah-Emil: Demokrat (11 kursi), Golkar (15), PPP (4), Perindo (nonkursi). Rekom Khofifah: Gerindra (21), PAN (5). Siap Dukung Khofifah: PDIP (21). Belum Tentukan Calon: PKB (27), Nasdem (10), PKS (5), PSI (1)

“Begitu ada perintah kita mengusung Pak Emil it’s okay. Ndak ada masalah, kita enggak ada psychological barriers (hambatan psikologis),” tegasnya.

Tapi perintah DPP, tandas keluarga Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad itu, sampai hari ini adalah mendukung Khofifah sebagai calon gubernur.

“Sedangkan calon wakil gubernur, mungkin hanya malah waktu ya, tapi sampai hari ini kita enggak bisa kan melangkah sebelum ada arahan dari DPP,” ucapnya.

Apakah itu artinya Gerindra akan mennyodorkan kadernya untuk mendampingi Khofifah?

"Pokoknya kita satu komando dengan DPP, apa yang diputuskan akan kami laksanakan. Kalau soal kader internal kami, ada Kharisma Febriansyah atau Moreno Soeprapto yang menurut saya juga layak mendampingi Bu Khofifah," katanya.{*}

| Baca berita Pilgub Jatim. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.