Malam-malam Khofifah Tergopoh-gopoh Temui Prabowo, Bahas Pilpres atau Ada Hal Genting Terkait Jatim?

| -
Malam-malam Khofifah Tergopoh-gopoh Temui Prabowo, Bahas Pilpres atau Ada Hal Genting Terkait Jatim?
EMPAT MATA: Malam-malam Khofifah bertemu Prabowo di salah satu restoran Surabaya, bahas apa? | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometer Jatim – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa tergopoh-gopoh meninggalkan Gedung Negara Grahadi usai menggelar tasyakuran dan doa bersama empat tahun kepemimpinannya bersama Wagub Emil Elestianto Dardak, Senin (13/2/2023) malam.

Mau ke mana Khofifah? Rupanya perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) itu menuju Restoran de Soematra 1910 di Jalan Sumatera 75 Surabaya untuk menemui Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Keduanya tiba sekitar pukul 20.00 WIB dan menggelar pertemuan makan malam empat mata yang tertutup bagi awak media. Prabowo tampak mengenakan batik warna nuansa kuning. Begitu pula Khofifah, memakai batik dan kerudung kuning.

Usai sekitar 90 menit pertemuan, keduanya kemudian keluar restoran. Apa yang dibahas, soal Pilpres atau ada hal genting terkait Jawa Timur? Prabowo menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan balasan setelah pada 2 Mei 2022 dijamu makan malam di Grahadi.

"Kali ini saya membalas mengundang beliau. Jadi kira-kira itu dalam rangka keliling datang ke Jawa Timur. Kira-kira begitu sebetulnya ya," ungkap Prabowo.

Ada pembicaraan soal Pilpres 2024, mengingat di tempat tersebut Prabowo juga mendapat instruksi dari sejumlah kiai Jatim untuk menggandeng Khofifah?

“Jadi ya memang tempat ini menarik ya dan unik. Ada kesan sejarah dan sebagainya, jadi kita membahas macam-macam lah,” kata politikus yang juga Menteri Pertahanan tersebut.

Selah satu yang diceritakan yakni terkait sejarah NU. Menurut Prabowo, Khofifah menceritakan upaya-upayanya melanjutkan komunikasi dengan dunia akademis Timur Tengah bagaimana melestarikan Islam yang moderat.

“Saya kira saya banyak belajar dari beliau. Masalah NU, masalah sejarah NU dan sebagainya,” ucapnya.

Saat awal media kembali menanyakan adakah pembicaraan soal Pilpres, Prabowo memberikan sinyal, ”Tadi tidak langsung kita singgung ya Bu ya,” katanya sembari melirik Khofifah yang disambut dengan senyum. “Tentunya pada saatnya akan kita bahas,” tandasnya. Deklarasi maksudnya? “Kok deklarasi,” sergah Prabowo sambil sedikit terkekeh.

Sementara Khofifah enggan memberikan pernyataan soal pertemuan tersebut. “Matur nuwun, sampun, matur nuwun kawan-kawan (Terima kasih, sudah-sudah, terima kasih awak media)” katanya.

Setelah saling berpamitan, Prabowo dan Khofifah yang belakangan gencar diisukan bakal berpasangan di Pilpres 2024 kemudian meninggalkan lokasi.{*}

» Baca Korupsi Hibah Pemprov Jatim

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.