PDIP Umumkan Ganjar Capres 2024 saat Lebaran, Pengamat SCG Puji Habis Kecermatan Megawati!

| -
PDIP Umumkan Ganjar Capres 2024 saat Lebaran, Pengamat SCG Puji Habis Kecermatan Megawati!
MEGA CERMAT: Aprizaldi, puji kecermatan Megawati umumkan Ganjar Capres saat Lebaran. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometer Jatim – Political Srategist Lembaga Riset Politik Surabaya Consulting Group (SCG), Aprizaldi, memuji habis kecermatan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri dalam mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024.

Aprizaldi menyebut ada tiga aspek yang menjadikan pengumuman Ganjar Capres sebagai momentum yang luar biasa. Pertama, saat ini musim mudik Lebaran. Kementerian Perhubungan memprediksi selama masa libur Lebaran, pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang.

“Jutaan orang penuh kegembiraan kembali ke kampung halaman. Pengumuman Mas Ganjar Capres akan menjadi pembicaraan positif penuh antusias di kampung-kampung, di desa-desa, di warung-warung kuliner legendaris, di destinasi wisata, dalam suasana silaturahmi penuh keakraban dan kegembiraan,” ujarnnya, Jumat (21/4/2023).

Dari sisi komunikasi politik, lanjut Aprizaldi, Megawati menunjukkan kematangannya dalam membaca fenomena masyarakat. “Ini seperti membawa Ganjar Pranowo dalam perbincangan masif selama musim mudik. Artinya, pemudik menjadi semacam jurkam. Luar biasa strategi Bu Mega,” ujar Aldi -- sapaan akrab aktivis 1998 asal Surabaya tersebut.

Aspek kedua, paparnya, yakni element of surprise. Dalam momentum politik, diperlukan elemen kejutan. Pengumuman Ganjar sebagai Capres memiliki daya kejut yang luar biasa, termasuk mengejutkan partai lain.

“Mengapa mengejutkan? Karena pas momen mudik Lebaran. Ini memenuhi syarat element of surprise dalam sebuah momentum politik,” ujarnya.

Aldi menambahkan, aspek ketiga tentu saja kecermatan Megawati dalam membaca kehendak rakyat. Ganjar menjadi simbol harapan rakyat. Menurutnya, Ganjar juga menjadi bagian dari imajinasi rakyat tentang pemimpin pro wong cilik sebagaimana Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ganjar memiliki kesamaan prinsip kerakyatan dengan Presiden Jokowi. Ini yang menjadi penjelas elektabilitas Ganjar relatif terus berada di posisi teratas. Artinya kehendak rakyat luas adalah Ganjar, dan ini dibaca Ibu Megawati secara tepat. Apalagi pengumuman hari ini juga dihadiri Presiden Joko Widodo,” paparnya.

“Dengan demikian, pengumuman hari ini sebagai pesan kuat pentingnya keberlanjutan pembangunan. Dengan tingkat kepuasan rakyat ke Presiden Jokowi di atas 75 persen, pesannya adalah keinginan menjaga keberlanjutan pembangunan. Kehadiran Pak Jokowi menemani pengumuman Mas Ganjar capres menegaskan hal tersebut,” pungkas Aldi.{*}

» Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Rofiq Kurdi.

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.